Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Serta Keutamaannya

Lusiana Mustinda - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 21:03 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: Getty Images/AleksandarGeorgiev/Niat dan Tata Cara Sholat Tahajud Serta Keutamaannya
Jakarta -

Sholat Tahajud sangat dianjurkan untuk dikerjakan sebagai ibadah tambahan. Dikutip dari buku 'Sholat Tahajud & Kebahagiaan' oleh Abd. Muqit, Tahajjud artinya terjaga setelah tidur.

Sholat Tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari dan dilaksanakan sesudah tidur sebentar. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Israa' ayat 79:

"Dan pada sebagian malam hari bersholatlah tahajud kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Israa': 79).

Allah SWT juga berfirman dalam surat Al-Muzammil 1-5:

"1. Hai orang yang berselimut (Muhammad), 2. Bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (dari padanya), 3. (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit. 4. atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al-Qur'an itu dengan perlahan-lahan. 5. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat." (QS. Al-Muzammil: 1-5).

Disebutkan dalam buku 'Shalat Tahajud dan Shalat Hajat' oleh Mahmud asy-Syafrowi menuliskan beberapa hadits yang berisi tentang keutamaan sholat tahajud. Sholat tahajud disebutkan menjadi sholat sunnah yang paling utama setelah sholat fardhu.

Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Nabi SAW berikut:

"Sholat yang paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat di tengah malam. Dan puasa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa bulan Allah yang dimuliakan." (HR. Ahmad, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, Nasa'i dan Ibnu Majah).

Sholat tahajud dikerjakan minimal 2 rakaat dengan jumlah maksimal yang tidak terbatas. Jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah Saw, maka lakukanlah sholat 2 rakaat sebanyak 4 kali dan ditutup dengan sholat witir sebanyak 3 rakaat.

Berikut ini niat dan tata cara dalam mengerjakan sholat tahajud:

1. Membaca niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

"Ushallii sunnatan tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."

Artinya: "Aku niat sholat sunat tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

2. Setelah itu, lakukan sholat 2 rakaat dengan 2 kali sujud dan 1 kali salam. Kemudian lakukan pengulangan sholat 2 rakaat jika ingin mengikuti kebiasaan Rasulullah Saw.

3. Dzikir dan doa. Tidak ada kewajiban untuk membaca doa tertentu setelah mengerjakan sholat tahajud. Yang perlu dilakukan adalah berdzikir dan memohon ampunan kepada Allah SWT serta berserah diri kepada Allah SWT.

(lus/erd)