Pernyataan Lengkap Pemerintah Soal 25.773 Kasus Positif Corona Per 30 Mei

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 16:54 WIB
Achmad Yurianto
Foto: Achmad Yurianto. (Dok BNPB).
Jakarta -

Pemerintah terus memperbaharui data kasus konfirmasi positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Per hari ini tercatat sebanyak 25.773 orang positif Corona, lalu sebanyak 1.573 orang meninggal dunia, dan 7.015 orang dinyatakan sembuh.

"Hari ini kami sudah melakukan pemeriskaan spesimen sebanyak 11.361 spesimen sehingga total keseluruhan ada 311.906 spesimen. Dari pemeriksaan ini kita dapatkan kasus konfirmasi positif naik 557, sehingga menjadi 25.773," kata juru bicara pemerintah terkait penanganan COVID-19 Achmad Yurianto dalam keterangan pers yang ditayangkan akun YouTube BNPB, Sabtu (30/5/2020).

Yuri menyebut dari pemeriksaan spesimen tersebut didapatkan 10 provinsi per hari ini nihil kasus konfirmasi positif Corona sedangkan 5 provinsi di antaranya yakni DKI Jakarta, Sulsel, Kalteng, Jawa Barat, dan Jawa Timur tercatat memiliki kasus Corona yang masih tinggi. Yuri pun memastikan ini berarti masih ada penularan Corona di tengah masyarakat hingga saat ini.

"Ini menjadi penting untuk kita pahami bersama bahwa adanya kasus positif, masih ditemukannya kasus positif kita yakini masih terjadi penularan di tengah masyarakat kita, masih ada orang yang membawa virus dan berada di tengah-tengah kita, masih ada sebagian saudara kita yang rentan tertular," ucap Yuri.

"Oleh karena itu mari sekali lagi kita patuhi untuk menjaga jarak, kita tidak pernah tau siapa yang berada di luar membawa virus ini, karena banyak sekali orang yang membawa virus ini tanpa keluhan apapun atau dengan gejala yang kecil sekali sehingga mereka tidak merasa sakit," sambungnya.

Berikut pernyataan lengkap pemerintah:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2