Warga Jambi Sempat Blokir Jalinsum, Protes Tersangka Tewas Saat Penangkapan

Ferdi Almunanda - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 14:53 WIB
Warga Jambi sempat memblokir jalan.
Warga Jambi sempat memblokade jalan. (Foto: dok. Istimewa)

Ada enam tembakan yang dilakukan petugas saat itu. Rinciannya, lima kali tembakan peringatan ke udara dan satu tembakan ke arah tersangka. Tembakan ke arah Nubi itu mengenai dadanya hingga membuat terjatuh dan tewas.

"Keluarga Nubi sekitar lima orang lalu datang dengan menggunakan senjata tajam dan mengejar petugas, sehingga petugas tidak sempat membawa pelaku dan mobil petugas juga dilempar pakai batu dan parang hingga mengakibatkan kaca mobil pecah. Selanjutnya personel Polsek Pauh mengamankan diri ke Polres Sarolangun," ujarnya.

Tewasnya Nubi membuat situasi memanas. Sejumlah warga memblokade Jalan Lintas Sumatera dengan membakar ban bekas serta berkumpul di jalan.

Blokade jalan itu sempat membuat arus lalu lintas terganggu. Hanya, petugas berhasil menyelesaikan persoalan blokade dengan mendengar tuntutan warga yang meminta polisi yang menembak Nubi bertanggung jawab dan diproses.

"Kita sudah lakukan pengamanan dan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan, untuk mengetahui sejauh mana prosedur yang telah dilalui ataupun dilakukan pada saat melakukan penangkapan apakah sudah memenuhi prosedur. Seandainya ada hal-hal yang dilanggar, tentunya ada sanksi yang nantinya akan dikenakan pada personel tersebut jika terbukti adanya kelalaian," tuturnya.

Halaman

(idh/idh)