Kisahnya Masuk TNI Viral, Yusuf Wonda Ingin Jadi Sniper dan Kuliah

Elza Astari Retaduari - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 11:39 WIB
Yusuf Wonda
Yusuf Wonda saat tes masuk TNI (Foto: dok. TNI AD)
Jakarta -

Kisah Yusuf Wonda lulus tes masuk TNI AD viral lantaran saat mengikuti seleksi ia hanya berbekal nasi putih dan tahu. Putra asli Papua ini menyatakan ingin menjadi sniper suatu saat nanti.

"Saat ditanya keinginannya setelah menjadi prajurit, anak keima dari 11 bersaudara pasangan Adolof Wonda (54) dan Blandina Samobra (42) ini ingin menjadi seorang sniper TNI AD yang andal," demikian keterangan Dispen TNI AD, Sabtu (30/5/2020).

Dalam keterangan yang sama, Yusuf menyatakan juga ingin mengenyam pendidikan tinggi suatu saat nanti. Menurutnya, hal tersebut merupakan keinginan sang ayah.

"Selain itu, saya ingin mewujudkan keinginan Bapak untuk melanjutkan pendidikan umum (kuliah) di perguruan tinggi. Semoga saya dapat meraih dua keinginan ini kelak di kemudian hari saat saya menjadi prajurit TNI AD," ujar Yusuf.

Yusuf Wonda lolos mengikuti pendidikan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) TNI AD Gelombang I TA 2020 di Rindam XVII/Cenderawasih. Ia juga mengungkapkan selama ini banyak berlatih untuk persiapan tes masuk TNI, yang sudah menjadi cita-citanya sejak kecil.

"Setiap pagi dan sore melakukan pembinaan fisik, dilanjutkan malam hari belajar serta tidak lupa jaga kesehatan dan berdoa untuk diberikan jalan terbaik dari Tuhan Yang Maha Esa," tutur Yusuf.

Lewat video yang dibagikan Dispen TNI AD, Yusuf bercerita selama ini tinggal dengan kakaknya di Sentani, Jayapura. Kakaknya bekerja sebagai seorang cleaning service.

Yusuf WondaYusuf Wonda hanya makan nasi dan tahu saat tes masuk TNI. (Foto: dok TNI AD)

"Saya di Sentani tinggal bersama kakak saya yang bekerja di bandara sebagai cleaning service. Kami tinggal di kos-kosan karena orang tua saya tidak mampu," ucap Yusuf.

Dia pun berjanji memberikan gaji pertamanya untuk kedua orang tuanya. Yusuf mengaku bersyukur mendapat banyak dukungan dari keluarga.

"Kalau nanti saya sudah menjadi TNI, gaji pertama saya akan saya berikan kepada kedua orang tua saya," ucapnya.

Tonton juga 'Perjuangan Mahasiswa Mamasa Naik Turun Gunung Berkuliah Online':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2