Gelar Lomba New Normal Life, Mendagri Dorong Daerah Berinovasi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 19:06 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar lomba inovasi daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan aman Corona (COVID-19). Mendagri Tito Karnavian mendorong terobosan yang dilakukan di tingkat daerah.

"Penanganan pandemi COVID-19 menjadi wahana pemerintah daerah (pemda) berinovasi guna menekan penularan. Beragam bentuk inovasi perlu dilakukan pada masa pandemi COVID-19," ujar Tito dalam keterangan tertulis dari Puspen Kemendagri, Jumat (29/5/2020).

Tito menambahkan rencana pelaksanaan new normal life tentunya membutuhkan koordinasi, kolaborasi, dan kerja sama antara pemerintah dan stakeholders. Ada tujuh tujuan digelarnya lomba ini, yaitu mendorong gerakan nasional patuh protokol pencegahan Corona hingga agar pemda dapat menemukan strategi pencegahan penyebaran Corona di wilayah masing-masing.

"Mendorong gerakan nasional untuk membuat dan melaksanakan protokol COVID-19 dari, oleh, dan untuk daerah. Membuat kehidupan masyarakat yang produktif kembali. Membuat kehidupan ekonomi dan aktivitas bisnis. Prakondisi dalam membuat simulasi secara masif oleh pemerintah provinsi, kabupaten, atau kota," papar Tito.

"Menyusun langkah conditioning di lapangan yang belum dilakukan oleh pemangku kepentingan. Mendapatkan model protokol COVID-19 pada tujuh sektor. Pencegahan penyebaran COVID-19 melalui protokol kesehatan yang dibuat oleh masing masing pemerintah daerah," sambung dia.

Tito juga menjelaskan dasar hukum dilaksanakannya lomba tersebut. Kemudian ada tujuh sektor dan kriteria dalam lomba.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2