Cara Cek NISN Secara Online, Tidak Sulit Kok

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 17:24 WIB
Berbagai ekspresi terpancar dari raut wajah para siswa-siswi SDN 02 Kampung Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur (16/7) saat hari pertama sekolah di tahun ajaran baru. Ada yang masih tampak malu-malu bertemu teman barunya, ada yang masih harus ditemani orang tua di dalam kelas, ada yang asyik bermain, ada juga yang senang bertemu teman baru dan bersemangat dan serius mendegarkan penjelasan guru. File/detikFoto.
Foto: Hasan Alhabshy/Cara Cek NISN Secara Online, Tidak Sulit Kok
Jakarta -

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah kode pengenal identitas siswa. NISN dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya dan berlaku sepanjang masa.

NISN biasanya digunakan untuk menunjang program perencanaan pendidikan seperti pendaftaran ke jenjang pendidikan siswa berikutnya, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Cara mengeceknya juga tidak sulit. Pertama, akses situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn. Kedua, masukkan nomor NISN dan nama ibu kandung bila sudah memiliki nomor tersebut. Ketiga, masukkan kode captcha. Lalu klik cari data. Dari situ, akan muncul NISN aktif siswa.

Cara mengecek NISN siswa lainnya, pertama, akses situs https://referensi.data.kemdikbud.go.id/nisn/index.php/Cindex/formcaribynama. Kedua, masukkan nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu. Lalu masukkan kode captcha dan klik cari data. Dari situ akan muncul NISN aktif siswa.

Nah bagaimana kalau belum memiliki NISN siswa? Biasanya, siswa yang duduk di bangku sekolah dasar (SD) akan mendapatkan NISN dari sekolah masing-masing. Bagian operator sekolah akan mengajukan NISN untuk siswa di sekolah.

Tahun ajaran baru berdasarkan kalender akademik 2020 akan dimulai pada Juli 2020. Namun Kemdikbud belum memastikan waktu anak-anak akan sekolah kembali karena adanya pandemi corona.

(nwy/erd)