Terjadi Lagi Pencabulan Anak di Tana Toraja, Polisi: Sepekan 2 Kasus

Muhammad Riyas - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 17:11 WIB
Pelaku pencabulan anak di bawah umur di Tana Toraja
Tersangka kasus pencabulan anak di bawah umur di Tana Toraja ditangkap polisi. (Foto: dok. Istimewa)
Tana Toraja -

Polres Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), mengamankan seorang pelaku pencabulan terhadap anak di bawah umur. Pelaku berinisial IK (19) dan korban berinisial LT (16).

"Sesuai dengan keterangannya, korban mengalami peristiwa itu pada Kamis, 28 Mei 2020, sekitar pukul 11.00 Wita. TKP-nya di kontrakan seseorang yang bernama VR di Kelurahan Tondon Mamullu, Kecamatan Makale. Terduga pelakunya berinisial IK (19), alamat Kecamatan Bittuang," jelas Kepala SPKT Polres Tana Toraja IPDA Antonius Surya saat dimintai konfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Laporan korban terdaftar dengan nomor LPB/45/V/2020/SPKT tanggal 29 Mei 2020. Berangkat dari laporan itu, Tim Unit Resmob Tana Toraja mengejar pelaku.

"Setelah korban melaporkan kejadian tersebut, anggota langsung mendatangi rumah kontrakan VR. Namun terduga pelaku saat itu tidak berada di tempat tersebut," ucap Antonius.

"Akhirnya pencarian yang dilakukan menemukan hasil. Terduga pelaku bersama rekannya, VR, ditemukan di rumah kontrakannya. Selanjutnya terduga IK diamankan ke Mapolres Tana Toraja, sekaligus VR (18) untuk dimintai keterangan sebagai saksi," sambung dia.

Antonius menyampaikan terduga pelaku terancam pidana paling sedikit 5 tahun dan paling lama 15 tahun. Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto mengimbau agar semua pihak bersama sama mencegah meningkatnya tindak asusila terhadap anak di bawa umur.

"Hanya dalam kurun waktu kurang seminggu, dua kejadian asusila menimpa anak-anak kita. Ini tidak boleh kita biarkan terus terjadi. Kami atas nama Polres Tana Toraja mengajak kepada semua pihak untuk bersama sama mencegah meningkatnya angka tindak pidana asusila terhadap anak di bawah umur," imbau Kapolres Liliek.

Sebelumnya, Selasa (26/5), Unit Resmob Polres Tana Toraja juga telah meringkus seorang pelajar yang diduga melakukan perbuatan pidana persetubuhan terhadap anak di bawah umur. Aksi bejat itu dilakukan pelaku di sebuah toilet.

"Pelaku diamankan saat sedang tertidur di rumah rekannya di Tendang Kulang, Kecamatan Gandasil, Tana Toraja," ujar Kanit Resmob Polres Tana Toraja Ipda Iskandar saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/5).

Terduga pelaku berinisial P (17) diringkus aparat lantaran diduga telah menyetubuhi korban NZ (15) di sebuah toilet di Ba'ba-ba'ba, Kelurahan Mebali. Penangkapan dilakukan berdasarkan laporan korban No. Pol: LPB/43/V/2020/SPKT, tanggal 25 Mei 2020.

(aud/aud)