Niat dan Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh Lengkap dengan Artinya

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 17:00 WIB
AI HamduLillah thanks to God of Islam, Arabic alphabet and Koran in hand - holy book of Muslims ( public item of all muslims )
Niat sholat Subuh dan doa qunut. Foto: Getty Images/iStockphoto/meen_na
Jakarta -

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam mendoakan umat Islam yang senang bangun pagi untuk mengerjakan Sholat Subuh. Ibadah Sholat Subuh menjadi pembuka hari sekaligus pembuka pintu rahmat.

Diriwayatkan dalam hadits Imam at Tirmidzi, Imam Abu Daud, Imam Ibnu Majah dan Imam Ahmad, berikut ini doa Rasulullah SAW untuk umat Islam yang istiqomah menjalankan Sholat Subuh.

"Ya Allah berkahilah umatku selama mereka senang bangun Subuh."

Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surat Al-Isra ayat 78:

أَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِدُلُوكِ ٱلشَّمْسِ إِلَىٰ غَسَقِ ٱلَّيْلِ وَقُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ ۖ إِنَّ قُرْءَانَ ٱلْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا

"Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat)." (QS. Al-Isra: 78)

Sholat Subuh terdiri dari 2 rakaat. Adapun niat sholat Subuh adalah sebagai berikut:

Lafadz niat sholat Subuh

أُصَلِّى فَرْضَ الصُّبْح رَكَعتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لله تَعَالَى

Latin: "Usholli Fardlon Shubhi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa-an Lillahi ta'aala"

Artinya: "Aku niat melakukan sholat fardu Subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat, saat ini, karena Allah ta'ala."

Dalam mengerjakan sholat Subuh juga terdapat doa qunut. Dalam buku 'Kupas Tuntas Qunut Subuh' oleh Galih Maulana, Lc. istilah qunut oleh para ulama diartikan sebagai berikut:

"Menurut ulama ahli syari'at qunut adalah nama untuk doa dalam sholat pada saat tertentu ketika berdiri."

Dalam pandangan mazhab Syafi'i qunut Subuh dilakukan setelah i'tidal dan ruku' sebelum sujud pada raka'at kedua, imam Nawawi (w 676 H) mengatakan:

"Melakukan qunut Subuh setelah mengangkat kepala untuk i'tidal dari ruku' pada raka'at kedua hukumnya sunah menurut kami tanpa adanya khilaf."

Berikut ini doa qunut yang dibaca saat sholat Subuh :


للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ
مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Arab latin: Allahhummahdinii fiiman hadait, wa'a finii fiman 'aafait, wa tawallanii fiiman tawal-laiit, wa baarik lii fiimaa a'thait, wa qinii syarra maa qadhait.

Fainnaka taqdhii walaa yuqdha 'alaik, wa innahu laayadzilu man walait, wa laa ya'izzu man 'aadait, tabaa rakta rabbanaa wata'aalait.

Falakalhamdu 'alaa maaqadhait, Astaghfiruka wa'atuubu ilaik, Wasallallahu 'ala Sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi. Wa'alaa aalihi washahbihi wasallam.

Artinya: Ya Allah tunjukkanlah padaku sebagaimana pada mereka yang telah Engkau beri petunjuk, dan berilah padaku pengampunan sebagaimana pada mereka yang Engkau beri ampun, dan peliharalah aku sebagaimana pada mereka yang Engkau pelihara, dan berilah padaku keberkatan sebagaimana yang telah Engkau karuniakan pada merek, dan selamatkan aku dari mara bahaya yang telah Engkau tentukan.

Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan yang kena hukum, maka sesungguhnya tidaklah hina pada mereka orang yang Engkau pimpin, dan tidak mulia orang yang Engkau musuhi, Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau

Maka bagi Engkau segala puji atas yang Engkau hukumkan, aku mohon ampun kepada Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau, dan semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

(lus/erd)