Pelayanan Perpanjangan SIM Mulai Dibuka Kembali Selasa 30 Juni

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 15:04 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Layanan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di Samsat wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sempat ditutup selama pandemi Corona. Pelayanan dibuka kembali mulai Sabtu, 30 Juni 2020.

"Bagi SIM yang habis masa berlakunya mulai tanggal 17 Maret sampai dengan 29 Juni 2020, diberikan dispensasi dapat melakukan perpanjangan SIM setelah 29 Juni (atau mulai 30 Juni)," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, saat dihubungi, Jumat (29/5/2020).


Dihubungi terpisah, Kasi SIM Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin mengatakan pelayanan operasional SIM yang ditiadakan hanya perpanjangan SIM. Meski demikian, dia memastikan, jika ada masyarakat yang masa berlaku SIM-nya habis sebelum 29 Juni, akan diberi dispensasi perpanjangan normal.

"Pelayanan masih berjalan, yang tidak operasional hanya perpanjangan SIM aja, semuanya masih jalan kecuali perpanjangan SIM," ucap Lalu.

"Iya jadi karena perpanjangan tidak operasional, karena itu bagi masyarakat yang masa berlakunya habis saat kita tidak operasional maka akan diberi dispensasi nanti setelah dibuka boleh memperpanjang SIM-nya dengan mekanisme biasa tanpa membuat baru," sambungnya.

Hedwin menyebut kebijakan peniadaan perpanjangan SIM ini bisa berubah sewaktu-waktu karena keadaan 'new normal'. Pihak kepolisian, sebutnya, akan menginformasikan lebih lanjut jika ada perubahan.

"Info terakhir sih sampai 29 Juni, bisa saja berubah, tapi masih tahap pembahasan evaluasi, apa lagi ada kebijakan 'new normal' masih bisa berubah, akan diberitahukan kembali jika ada perubahan," ujarnya.

(maa/maa)