Viral Polisi Pecut Warga Tak Bermasker di Ambon, Propam Turun Tangan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 14:59 WIB
Kabid Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem
Kabid Kabid Humas Polda Maluku Kombes M Roem (Abbas/detikcom)
Ambon -

Sebuah video yang menayangkan aksi polisi di Ambon memukul warga tak pakai masker viral di media sosial. Propam Polda Maluku turun tangan terkait kejadian itu.

Dari video yang beredar, tampak sejumlah polisi yang memegang rotan dan berseragam lengkap. Beberapa di antara mereka mendekati warga yang tak menggunakan masker. Warga tersebut lalu dipukul berapa kali di bagian bokong.

Kabid Humas Polda Maluku Kombes Muhamad Roem Ohoirat membenarkan adanya hal itu. Peristiwa itu terjadi saat dilakukan penertiban di Pasar Mardika Ambon.

"Kemarin Kamis, 28 Mei, ada penertiban oleh Gugus Tugas COVID-19 Maluku yang di dalamnya ada anggota Polda Maluku. Pada kegiatan tersebut, ada oknum anggota Polda yang melakukan penertiban dengan jalan memecut/memukul anggota masyarakat yang tidak gunakan masker dengan rotan," kata Roem saat dimintai konfirmasi, Jumat (29/5/2020).

Roem mengatakan hal tersebut terjadi di luar kendali dan bukan kebijakan Gugus Tugas COVID-19. Saat ini delapan anggota Polda Maluku itu diamankan olah Propam setempat.

"Atas hal tersebut, delapan oknum anggota Polda Maluku telah diamankan dan diproses oleh Propam Polda Maluku," pungkasnya.

(abw/dkp)