Gorontalo Siap Terapkan New Normal, tapi Masih Evaluasi PSBB

Ajis Khalid - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 13:44 WIB
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Ajis Khalid/detikcom)
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Ajis Khalid/detikcom)
Gorontalo -

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku siap melaksanakan 'new normal'. Namun, pihaknya masih akan mengevaluasi penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua.

"Kami sudah sangat siap. Bahkan rencana kami besok atau hari ini akan evaluasi PSBB kedua apakah diperpanjang. Kalau diperpanjang apa saja alasannya, hasil surveinya kenapa diperpanjang. Dan mungkin kalau diperpanjang mengadopsi konsep-konsep dari new normal ini," kata Rusli Habibie, Jumat (29/5/2020).

Dia menyatakan ada sosialisasi kepada beberapa provinsi yang dihadiri langsung dari Ketua Gugus Tugas Nasional Doni Monardo dan timnya pada Kamis (28/5). Sejumlah bupati serta wali kota juga hadir.

"Tapi saya lihat isinya itu sama, cuma ada dilengkapi relaksasi. Contohnya pasar dibuka tapi harus jaga jarak dan jumlah pengunjung. Mal-mal juga sudah mulai dibuka dan harus dijamin," jelasnya.

Dia mengutarakan konsep 'new normal' dari Presiden Jokowi melibatkan TNI-Polri berada di depan. Contohnya, toko yang kapasitasnya bisa 100-200 orang sebelum pandemi, kini dibatasi separuhnya dan bergantian masuk.

Begitu juga di sektor pendidikan. Sementara biasanya masuk kelas 30 siswa, kini bisa saja diterapkan bergantian, pagi 15 siswa dan 15 siangnya.

"Kita pelajari dulu, saya belum bisa memutuskan, tapi kalau itu sudah jelas perintah Presiden dan pemerintah pusat kita sami'na wa atho'na (kami dengar dan kami taat, red)," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2