7 Keutamaan Mengerjakan Sholat Sunnah

Lusiana Mustinda - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 13:43 WIB
sholat
Keutamaan sholat sunnah. Foto: Getty Images/iStockphoto/meen_na
Jakarta -

Mengerjakan sholat sunnah memang butuh keikhlasan dan istiqamah. Namun tidak semua orang bisa istiqamah melakukan dan merasakan nikmatnya sholat sunnah kecuali mereka yang hatinya diridhai dan dibimbing oleh Allah SWT.

Ada banyak sekali keutamaan yang didapat ketika kita rajin mengerjakan sholat sunnah. Dengan mengetahui keutamaannya semoga kita menjadi lebih semangat dan tergerak hatinya untuk bisa melaksanakan sholat sunnah secara konsisten.

Dilansir dalam buku 'Klasifikasi Shalat Sunnah dan Keutamaannya' oleh Muhammad Ajin, Lc., MA. Berikut 7 keutamaan sholat sunnah yang perlu kita ketahui:

1. Menutupi Kekurangan dalam Sholat Fardhu

Sholat fardhu yang kita kerjakan 5 waktu sehari mungkin ada beberapa hal yang kurang sempurna, misalnya saja ketika sholat kita kurang khusyu. Sholat sunnah dapat menutupi kekurangan dalam sholat fardhu yang sifatnya sunnah saja seperti tidak khusyu' atau tidak membaca doa iftitah, dan lain-lain.

Imam ar-Ramli rahimahullah, seorang ulama besar bermadzhab Syafi'iy mengatakan sholat rawatib adalah sholat sunnah yang mengiringi sholat fardhu. Hikmah sholat rawatib ini bisa menyempurnakan kekurangan-kekurangan saat mengerjakan sholat fardhu. Sebab bisa saja umat Islam tidak khusyuk saat mengerjakan sholat fardhu atau tidak mentadaburi ketika membaca ayat al-qur'an.

Diriwayatkan dalam hadits at-Tirmidzi dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali dihisab adalah sholatnya. Jika sholatnya bagus maka dia beruntung dan selamat. Namun jika sholatnya buruk maka dia sengsara dan merugi. Jika ada kekurangan dari sholat fardhunya mempunyai pahala sholat sunnah untuk melengkapi kekurangan sholat fardhu? Kemudian seluruh amalnya seperti itu".

Hadits serupa diriwayatkan oleh Imam an-Nasa'I dan Imam Abu Dawud.

2. Ibadah Sunnah Paling Afdhal

Para ulama jumhur mengatakan, sholat sunah yang kita kerjakan termasuk ibadah badaniyah yang lebih bagus atau paling afdal dari pada ibadah sunnah lainnya. Salah satunya disampaikan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitami rahimahullah dalam Kitab Tuhfatul Muhtaj Fii Syahril Minhaj jilid 2.

"Ibadah badaniyah yang paling afdhal setelah syahadat adalah sholat. Sholat fardhu itu lebih afdhal dari ibadah fardhu lainnya dan sholat sunnah itu lebih afdhal daripada ibadah sunah lainnya." kata Ibnu Hajar al-Haitami.

3. Bisa Menemani Nabi di Surga

Salah seorang sahabat, Rabiah bin Ka'ab al-Aslamiy radhiyallahu anhu ingin sekali bisa mendampingi Rasulullah SAW di surga. Maka dia pun mengutarakan keinginan tersebut kepada Rasulullah SAW. Kisah ini diriwayatkan dalam hadits Imam Muslim.

"Dari Rabi'ah bin Ka'ab al-Aslamiy radiyallahu anhu dia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam berkata kepadaku, wahai Rabiah mintalah sesuatu. Maka aku jawab: Aku ingin bisa menemanimu di surga wahai nabi. Lalu nabi bertanya: ada yang lain tidak? Aku menjawab: tidak ada. Lalu nabi bersabda: Kalau begitu bantulah aku untuk bisa menolongmu dengan memperbanyak sujud."


4. Dosanya Berguguran Ketika Ruku' dan Sujud

Semakin banyak sholat dikerjakan maka semakin banyak dosa yang berguguran. Diriwayatkan dalam hadits Ibnu Hibban dan al-Baihaqi dari Abdullah bin Umar rahiyallahu anhuma, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya seorang hamba jika sedang sholat didatangkan semua dosa-dosanya dan diletakkan di atas kepala atau pundaknya, lalu ketika dia rukuk atau sujud maka dosa-dosa itu berguguran dari dirinya."


5. Dicintai Oleh Allah SWT

Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang rajin mengerjakan sholat sunnah. Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah dalam hadits Imam al-Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah berfirman: Siapa yang memusuhi waliKu maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertaqarrub kepadaKu dengan amalan sunnah sampai Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya maka Aku akan menjadi pendengarannya ketika dia mendengar, Aku akan menjadi penglihatannya ketika dia melihat, Aku akan menjaga tangannya ketika dia memukul. Aku akan menjadi kakinya ketika berjalan. Jika dia meminta kepadaku maka sungguh akan Aku beri dia, jika dia minta perlindungan maka sungguh akan Aku lindungi dia."

6. Doanya Mustajab

Salah satu keutamaan orang yang senantiasa menjalankan sholat sunnah adalah doa-doanya mustajab. Diriwayatkan dalam hadits Imam Ahmad dari Aisyah radhiyallahu anha, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Sesungguhnya Allah berfirman: Siapa yang menghina waliKu maka akan Aku perangi. Tidaklah seorang hamba bertaqqarub kepadaKu dengan apa yang Aku wajibkan padanya. Dan seorang hamba senantiasa bertaqarrub kepadaKu dengan amalan sunah sampai Aku mencintainya. Jika dia meminta kepadaKu maka akan Aku beri, jika dia berdoa kepadaKu maka akan Aku kabulkan."

7. Diangkat Derajatnya di Sisi Allah SWT

Sungguh beruntungnya orang yang rajin mengerjakan sholat sunnah. Kedudukannya sangat mulia sekali di sisi Allah SWT. Dia akan hidup bahagia di dunia maupun di akhirat. Diriwayatkan dari Ma'dan bin Abi Thalhah al-Ya'mariy radhiyallahu anhu dalam hadits Imam Muslim, Rasulullah bersabda:

"Perbanyaklah sujud kepada Allah, sesungguhnya jika engkau sujud satu kali saja maka Allah akan mengangkat derajatmu dan Allah akan menghapus kesalahanmu." (HR. Muslim).

(lus/erd)