Jokowi Siapkan New Normal dengan Pendisiplinan, NasDem: Perlu Didukung

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 12:35 WIB
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Ali
Waketum NasDem Ahmad Ali (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Partai NasDem menilai positif kebijakan tatanan normal baru atau 'new normal' yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kebijakan 'new normal' dinilai perlu dilaksanakan dengan tetap memperhatikan parameter kesehatan.

"Tentang kehidupan 'new normal' ini NasDem melihat bahwa ini bagus dan ini kita dukung, tapi tentunya dengan indikator-indikator yang sangat kuat. Jadi parameter-parameter harus diatur secara jelas," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali kepada wartawan, Jumat (29/5/2020).

Parameter yang dimaksud Ali adalah melihat kesiapan daerah untuk menghadapi 'new normal' dengan mempertimbangkan penyebaran kasus di masing-masing daerah. Ali menyarankan agar kebijakan 'new normal' ini diterapkan secara bertahap.

"Kita memahami tidak bisa kita pasrah terhadap situasi ini, harus ada langkah-langkah juga karena kehidupan ini juga harus ada kehidupan baru berikutnya setelah COVID ini. Jadi daerah-daerah yang kurvanya masih merah ya jangan dipaksakan, jangan dulu. Dia harus bertahap, pulih dulu," ujar Ali.

"Sehingga kebijakannya Pak Presiden tentang 'new normal' ini, maka dia harus dilakukan secara bertahap di tiap-tiap daerah dengan memperhatikan kurva penyebaran COVID sendiri," lanjutnya.

Ali juga menyoroti kedisiplinan masyarakat yang menurutnya juga berperan dalam keberhasilan penerapan 'new normal' ini. Karena itulah, Ali mendukung pelibatan TNI dan Polri untuk mendisiplinkan masyarakat.

"Karena salah satu problem kita dalam penanganan ini karena kesadaran masyarakat masih minimalis sehingga perlu pendisiplinan yang lebih ketat, karena itu harus ada pelibatan aparat, tentara dan polisi. Karena kalau tidak, itu terjadi ledakan kedua yang lebih dahsyat, itu yang kita khawatirkan kan," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2