Bappenas Susun Protokol Masyarakat Produktif dan Aman dari Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 12:34 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyusun protokol untuk masyarakat agar dapat kembali produktif namun tetap aman dari virus Corona (COVID-19). Protokol itu mengacu pada kriteria yang digunakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Bappenas saat ini sedang menyusun, telah menyusun protokol untuk masyarakat produktif dan aman COVID. Jadi ada 3 kriteria yang digunakan, ini mengacu kriteria yang digunakan WHO (World Health Organization) dan sudah digunakan di beberapa negara, di beberapa state di Amerika," kata Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bappenas, Subandi Sardjoko melalui siaran langsung di YouTube BNPB, Jumat (29/5/2020).

Ada 3 kriteria yang harus dipenuhi untuk menerapkan protokol tersebut. Pertama, kriteria epidemiologi.

"Yang pertama adalah kriteria epidemiologi, di mana arti, arti itu dalam artian daya tular pada waktu p itu dia sudah harus di bawah 1. Jadi angka reproduksi dasar yaitu daya tular awal itu untuk COVID itu 1,9 sampai 5,7.Satu orang itu bisa menularkan 2 sampai 5 orang 6 orang. Jadi ini sangat tinggi dan itu harus bisa diturunkan tentunya dengan intervensi. Nah itu kriteria pertama yang harus dipenuhi," ujarnya.

Kriteria kedua, sistem kesehatan. Subandi mengatakan, kemampuan kesehatan di Indonesia harus mampu untuk menangani rata-rata jumlah kasus baru Corona dengan jumlah tempat tidur 20 persen di atas 120 persen kasus baru tersebut.

"Kriteria yang kedua yaitu tentang sistem kesehatan kita, yaitu kemampuan pelayanan kesehatan, jadi WHO juga mensyaratkan misalnya jumlah kasus baru rata-rata itu harus bisa dilayani dengan jumlah tempat tidur COVID itu 20 persen lebih banyak di atas 120 persen kasus baru. Jadi ini kriteria yang kedua," ucapnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2