Round-Up

Peringatan untuk DKI Setelah Angka Reproduksi Corona Naik Lagi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 29 Mei 2020 06:33 WIB
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 terus melakukan upaya menekan penyebaran Covid-19 dengan melakukan rapid test massal. Kali ini kelompok relawan yang dikomandoi Sandiaga Uno itu menggelar rapid test massal gratis di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 26 Mei 2020.
Foto: Reproduksi kasus Corona di DKI sempat turun, namun naik kembali (dok. Relawan COVID-19)
Jakarta -

Angka reproduksi kasus virus Corona di DKI Jakarta sempat menurun, kembali naik. Kenaikan reproduksi Corona ini pun jadi peringatan bagi DKI Jakarta.

Penurunan reproduksi Corona di DKI Jakarta ini mulanya diungkap oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi mengatakan data R0 atau angka reproduksi/tingkat penularan awal virus Corona di DKI Jakarta sudah menurun.

"Saya melihat data terakhir tadi pagi tren untuk R0 maupun Rt untuk DKI Jakarta sudah di bawah 1 sehingga ini perlu terus kita tekan agar lebih menurun lagi," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (27/5/2020).

Karena itu, Jokowi meminta Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan para menteri untuk mengendalikan arus balik. Menurutnya, hal itu penting dilakukan agar tidak memunculkan gelombang kedua wabah virus Corona.

"Ini penting untuk kita kendalikan agar tidak terjadi sirkulasi bolak-balik dalam penyebaran virus yang berpotensi untuk memunculkan gelombang yang kedua, utamanya di wilayah Jabodetabek," ujarnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3