Terbitkan Maklumat New Normal, MUI Minta Pemerintah Ikuti Standar WHO

Wilda Nufus - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 22:53 WIB
Logo MUI
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menerbitkan maklumat tentang pemberlakuan new normal atau tatanan kehidupan baru di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Dalam penerapan new normal, MUI meminta pemerintah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Maklumat tersebut bernomor Kep-1188/DP-MUI/V/2020 tertanggal 28 Mei 2020. Waketum MUI Muhyidin Junaidi dan Sekjen MUI Anwar Abbas yang menandatanganinya.

"Dalam hal penyebaran COVID-19 sudah terkendali, rencana pemberlakuan tata hidup normal baru (new normal life) dapat dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut: a. Berdasarkan data dan fakta terkait virus Corona dan mengacu pada standar WHO, misalnya kurva pandemi COVID-19 sudah menunjukkan penurunan dan melandai (R<1), sebagai indikator tidak ditemukannya kasus baru yang berarti jumlahnya," demikian petikan Maklumat MUI yang ditandatangani oleh Waketum MUI Muhyidin Junaidi dan Sekjen MUI Anwar Abbas seperti yang didapat detikcom, Kamis (28/5/2020).

Dalam maklumatnya, MUI juga meminta pemerintah melakukan sosialisasi ke masyarakat. Sosialisasi dilakukan agar masyarakat siap menjalankannya.

"Mempersiapkan masyarakat agar dapat memasuki tata hidup baru (new normal life) dengan melakukan sosialisasi, edukasi, dan advokasi mengenai protokol kesehatan dengan slogan 'empat sehat lima sempurna' (senantiasa menggunakan masker, jaga jarak sehat, selalu mencuci tangan, olahraga teratur/istirahat yang cukup, tidak panik, makan makanan yang bergizi, baik, dan halal)," begitu petikan salah satu poin Maklumat MUI.

Selain itu, MUI menyebut telah melakukan pengkajian terhadap berbagai aspek terkait penanggulangan pandemi Corona. Bahkan MUI juga melakukan pengkajian dampak dari pandemi Corona.

Berikut isi Maklumat MUI tentang Rencana Pemberlakuan Kehidupan Normal Baru (New Normal Life) di Tengah Pandemi COVID-19:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2