Polisi Gandeng Arkeolog soal Temuan Tulang dan Koin Kuno di Bogor

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 19:58 WIB
Diduga kerangka manusia di Bogot saat gali septic tank
Diduga potongan kerangka manusia dan koin di Bogor (Foto: dok. istimewa)
Kabupaten Bogor -

Polisi mengatakan pihaknya menggandeng arkeolog untuk memastikan tulang yang ditemukan di Cileungsi, Kabupaten Bogor, milik manusia atau bukan. Saat ini polisi mengaku sedang menunggu kedatangan arkeolog tersebut.

"Itu berupa tulang, tetapi belum bisa ditentukan apakah itu kerangka manusia apa bukan. Jadi nunggu dari arkeolog Jawa Barat," kata Kapolsek Cileungsi Kompol Endang Kusnandar saat dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Endang menjelaskan temuan tulang serta koin kuno di Kampung Cigorowong RT 1/11, Desa Cileungsi, ini belum diperiksa polisi. Sebab, selain tulang belulang, ditemukan empat buah koin kuno, sepotong cincin, besi tusuk konde, dan besi yang sudah berkarat.

"Setelah dilakukan pemeriksaan awal, salah satu koin bertuliskan angka 187. Sedangkan yang koin yang lainnya tidak terlihat karena sudah berkarat. Karena kita tunggu dari arkeolog. Kita nggak bisa (melakukan pemeriksaan tulang belulang) karena itu ada penemuan kuno itu. Jadi tunggu arkeolog dulu," jelas Endang.

Barang-barang yang diduga benda kuno ini dibawa ke Koramil 2106 Cileungsi untuk dititipkan. Endang mengungkapkan tulang yang ditemukan ini kembali dimakamkan.

"Kami menunggu hasil arkeolog dulu. Kan rencananya mau diserahkan ke arkeolog kalau itu peninggalan zaman lampau. Kecuali di situ ditemukan tulang belulang masih baru atau apa. Tunggu laporan dari arkeolog baru kita tindak lanjuti," tandas dia.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2