Seputar LTMPT, UTBK dan Pendaftaran SBMPTN 2020

Lusiana Mustinda - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 18:23 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
SBMPTN, LTMPT dan UTBK. Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) terlebih dulu harus melakukan registrasi akun di situs Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) agar bisa mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang menjadi syarat kelulusan.

Pertama yang perlu kamu lakukan untuk mengikuti SBMPTN ini adalah melakukan registrasi akun LTMPT.

Berikut cara registrasi LTMPT untuk SBMPTN dan UTBK:

1. registrasi di laman https://portal.ltmpt.ac.id. Jadwal registrasi dibuka pada 17 Februari hingga 5 April 2020. Saat registrasi peserta harus mencantumkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

2. Calon peserta bisa login dengan menggunakan usename/email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Setelah itu, pilih menu Verifikasi dan Validasi Data Siswa.

3. Isi biodata, mengunggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.

4. Pilih menu pendaftaran UTBK. Di sini kamu bisa memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

5. Calon peserta harus melakukan pembayaran di Bank Mandiri, BNI atau BTN menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam.

6. Setelah itu masuk kembali ke laman https://portal.ltmpt.ac.id. Dan pilih menu Pendaftaran UTBK sesuai dengan hari, tanggal dan sesi, serta lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

UTBK ini menjadi syarat utama untuk mengikuti SBMPTN. UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian.

Berikut ini jadwal penting UTBK dan SBMPTN 2020:

1. Registrasi akun LTMPT tahap ke-2: 17 Februari - 5 April 2020
2. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 02 Juni - 20 Juni 2020
3. Pelaksanaan UTBK: 05 - 12 Juli 2020 (Setiap hari terdapat 4 sesi, kecuali Jumat 2 sesi)
4. Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

(lus/erd)