Gambar Mural Hibur Anak Jadi Cara Warga Cakung Habiskan Waktu Saat PSBB

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 18:03 WIB
Warga Cakung gambar mural untuk hibur anak saat PSBB
Warga Cakung menggambar mural untuk menghibur anak saat PSBB. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Berbagai cara dilakukan warga Ibu Kota untuk mengisi waktu selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) menyusul pandemi virus Corona (COVID-19). Seperti warga Cakung, Jakarta Timur, yang ramai-ramai menghias permukiman rumahnya dengan mural.

Warga RT 001 RW 005 Kelurahan Cakung Barat, Cakung, Jakarta Timur, terpaksa tidak bisa ke mana-mana karena ada PSBB sejak awal April lalu. Mengisi kejenuhannya, para warga ini lalu menyalurkan kreativitas mereka dengan membuat mural 3D di permukiman mereka.

Gambarnya cukup menarik karena berwarna-warni. Ada gambar kartun seperti Doraemon, bintang, hingga gambar sosok virus Corona. Menurut salah seorang warga setempat, Wawan Subandi, ide pembuatan mural ini agar anak-anak suka sehingga tidak bosan hanya berada di rumah.

"Spontan saja karena kita nggak bisa keluar ke mana-mana, kita inisiatif akhirnya bikin gambar buat anak-anak kita di lingkungan kita biar nggak pergi jauh-jauh itu tujuan pertamanya. (Anak-anak biar) Tetap ada di lingkungan dan juga kita orang tuanya biar ada kegiatan sambil menunggu Corona ini selesai," kata Wawan ketika dihubungi, Kamis (28/5/2020).

Warga Cakung gambar mural untuk hibur anak saat PSBBWarga Cakung menggambar mural untuk menghibur anak saat PSBB. (Foto: Istimewa)

Mural 3D ini dibuat selama 10 hari dan berlokasi di Jalan SMP Negeri 114 RT 001 RW 005. Ada 15 warga yang ikut andil menggambar di jalan dan dinding sepanjang 500 meter.

Wawan mengatakan awal mula ide ini muncul spontan karena para warga yang mayoritas bekerja sebagai pedagang sampai sopir ojek online terpaksa tinggal di rumah akibat PSBB di Jakarta. Dana yang mereka gunakan juga sebatas swadaya masyarakat.

Selanjutnya
Halaman
1 2