Sambut New Normal, Satgas COVID-19 DPR Cek Protokol Kemenag soal Rumah Ibadah

Tim Detikcom - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 17:09 WIB
Satgas COVID-19 lakukan kunjungan ke Kemenang cek protokol rumah ibadah saat new normal nanti.
Sufmi Dasco Ahmad dengan Menag Facrul Razi (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Satgas Lawan COVID-19 DPR RI hari ini mengunjungi Kementerian Agama. Mereka meninjau kesiapan Kemenag menyiapkan protokol kesehatan terkait rencana difungsikannya kembali rumah ibadah di era new normal atau tatanan normal baru.

"Kedatangan kami ingin memastikan Kemenag siap membuat umat yang sudah rindu dengan rumah ibadah merasa aman saat mereka beribadah di rumah-rumah ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat," kata Ketua Satgas COVID-19 Sufmi Dasco Ahmad dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Dasco dan rombongan mendengarkan pemaparan dari Menteri Agama Fachrul Razi terkait protokol yang akan dilakukan saat rumah ibadah difungsikan kembali. Mereka mengapresiasi penjelasan Menag dan menganggap Kemenag sudah siap menyambut new normal.

"Kami apresiasi kesiapan Kementerian Agama terkait kesiapan menormalkan kembali fungsi rumah ibadah. Dilihat dari regulasi yang ada, itu akan memudahkan pemfungsian kembali rumah ibadah. Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi kita semua," ucap Dasco yang juga Wakil Ketua DPR RI itu.

Dalam kesempatan itu, Menteri Agama Facrul Razi menyatakan pihaknya telah menyiapkan protokol pembukaan kembali rumah ibadah di era tatanan normal baru. Di antaranya, dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 di rumah ibadah hingga pemberian izin penggunaan rumah ibadah hingga ke tingkat camat. Rencananya, protokol tersebut akan diumumkan langsung oleh Menteri Agama pada Jumat, (29/5).

Satgas COVID-19 lakukan kunjungan ke Kemenang cek protokol rumah ibadah saat new normal nanti.Satgas COVID-19 melakukan kunjungan ke Kemenang cek protokol rumah ibadah saat new normal nanti. (Foto: Istimewa)

"Kami sudah siapkan protokol kesehatan penggunaan rumah ibadah. Rencananya akan kami sampaikan besok. Kami juga telah siapkan izin sampai ke tingkat kecamatan. Sebab, selama ini ada yang merasa tidak adil bila kewenangan terkait penggunaan rumah ibadah ini hanya diberikan hingga tingkat kabupaten/kota," ucap Fachrul Razi dalam keterangan tertulis yang sama.

Satgas Lawan COVID-19 DPR RI berkomitmen untuk bergotong-royong membantu pemerintah dalam menghadapi pandemi Corona Virus hingga ke tiap-tiap daerah. Dalam kesempatan tersebut, Dasco menegaskan selain memberi masukan kepada pemerintah, Satgas juga melakukan peninjauan ke berbagai sektor untuk memastikan sejauh mana protokol-protokol kesehatan dibuat sesuai dengan kebutuhan masing-masing sektor pelaksana kebijakan.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade (F-Gerindra), Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Lena (F-Golkar), anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen (F-PDIP), Putih Sari (F-Gerindra), anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto dan Habiburokhman (F-Gerindra).

(gbr/elz)