Desember Siap Gelar Pilkada, KPU Sultra Minta Penyelenggara Dilindungi APD

Sitti Harlina - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 16:32 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Kendari -

Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu wilayah yang akan menghelat pilkada serentak tahun ini. KPU Sultra menyatakan siap menggelar pilkada serentak asal ada jaminan penyelenggara dilindungi karena masih dalam suasana pandemi.

"Pada prinsipnya, KPU Sultra siap jika pilkada digelar Desember nanti. Tentu saja harus tetap memperhatikan protokol kesehatan penanganan COVID-19 yang kini masih mewabah," kata Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir, Kamis (28/5/2020).

Saat ini KPU Sultra tengah menunggu petunjuk, khususnya terkait regulasi pelaksanaan dan arahan dari KPU RI. La Ode Abdul Natsir mengatakan dengan suasana pandemi COVID-19, harus ada tambahan anggaran pelaksanaan pilkada.

"Karena harus mengikuti protokol kesehatan, konsekuensinya akan ada penambahan anggaran untuk menyiapkan berbagai alat pelindung diri dari COVID-19," imbuhnya.

Dia mengatakan KPU di tujuh daerah di Sultra harus segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat terkait kesiapan penambahan anggaran bagi para petugas di lapangan. Menurutnya, akan dibutuhkan dana tambahan untuk jajaran badan penyelenggara ad hoc (PPK, PPS, KPPS) dan juga Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP/Pantarlih).

Dia mengatakan akan ada kebutuhan perlindungan diri dari COVID-19 seperti APD di TPS berupa masker, baju pelindung diri, sarung tangan, pelindung wajah, drum/tong air, sabun cuci tangan cair, hand sanitizer/alkohol, tisu, dan cairan disinfektan. Sementara kebutuhan untuk Pantarlih adalah masker, baju pelindung diri, sarung tangan, pelindung wajah.

"Semua itu harus segera dikalkulasi kebutuhan anggarannya oleh KPU di tujuh kabupaten/kota yang akan pilkada di Sultra lalu dikoordinasikan dengan pemerintah daerahnya terkait pemenuhan kebutuhan biaya itu. Bagaimanapun, perlengkapan pencegahan virus harus disiapkan karena pilkada dilaksanakan dalam situasi masih tidak normal," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, tahun ini ada tujuh daerah di Sultra yang dijadwalkan melakukan pilkada serentak yakni Kabupaten Muna, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Buton Utara, Wakatobi, Konawe Utara, dan Konawe Kepulauan.

(jbr/jbr)