BUMN-BUMD Dinilai Perlu Berkonsentrasi Hadapi Pandemi Corona

Ibnu Hariyanto - detikNews
Kamis, 28 Mei 2020 14:39 WIB
Feri Amsari
Feri Amsari dari PUSaKO (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Direktur Pusat Studi Konstitusi (PUSaKO) Universitas Andalas Feri Amsari meminta seluruh aparatur pemerintah hingga semua sektor milik negara terlibat penuh dalam penanganan pandemi virus Corona. Hal ini agar pelayanan untuk masyarakat bisa maksimal.

"Konsentrasi negara adalah memberikan beban kepada aparatur dan sektor-sektor yang menjadi milik negara untuk melayani publik," ujar Feri Amsari dalam diskusi daring bertajuk 'Berintergritas Menghadapi Pandemi', Kamis (28/5/2020).

Bahkan, menurut Feri, semua usaha milik negara, baik BUMN maupun BUMD, seharusnya ikut berkonsentrasi dalam penanganan Corona. Sebab, ketentuan itu sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Dengan demikian, Feri mengatakan tidak ada lagi BUMN ataupun BUMD yang berbisnis seperti biasa. Ia menyebut semua bisnis BUMN ataupun BUMD berkonsentrasi kepada penanganan Corona.

"Tak ada lagi BUMN, BUMD itu yang bisnis seperti biasa, konsentrasi mereka adalah berbisnis menyelamatkan orang warga negara di seluruh programnya dikonsentrasikan ke sana," ujar Feri.

Selanjutnya
Halaman
1 2