Gugus Tugas Bengkulu Targetkan 3% Warga Tiap Kabupaten/Kota Ikut Rapid Test

Hery Supandi - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 23:05 WIB
Tim Gugus Tugas COVID-19 Bengkulu
Tim Gugus Tugas COVID-19 Bengkulu (Foto: dok. Istimewa)
Bengkulu -

Tim Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Bengkulu meningkatkan sinergi dengan gugus tugas di kabupaten/kota. Sinergi antarlembaga ini diperlukan agar penanganan Corona di Bengkulu lebih efisien.

"Perlu pembagian tugas yang baik, antargugus tugas dalam penanganan kasus COVID-19, sehingga diketahui bagaimana peta epidemiologi penyebaran COVID-19 di kabupaten/kota. Begitupun dengan penanganannya, sehingga berjalan efisiensi dan terstruktur," ujar Ketua Satuan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Bengkulu, Rohidin Mersyah, Rabu (27/5/2020).

Rohidin mengatakan sudah berkoordinasi dengan kejaksaan dan Polda untuk mengawasi penyediaan alat rapid test di kabupaten/kota, sehingga proses rapid test berjalan lancar dan bisa diketahui sejauh mana penyebaran COVID-19 di Bengkulu. Tim Gugus Tugas sudah menghitung se-Provinsi Bengkulu saat ini membutuhkan 58.861 alat rapid test.

"APH sudah siap mengawasi prosesnya, tinggal nanti tindak lanjutnya bagaimana. Minimum 3 persen dari jumlah penduduk setiap kabupaten/kota dilakukan rapid test sehingga penyebarannya dapat dipetakan. Untuk pemeriksaan swab, PCR dan sebagainya itu tanggung jawab Pemerintah Provinsi Bengkulu, anggarannya jelas dan biayanya juga lebih besar, jika sinergi ini berjalan tentu penyebaran COVID-19 dapat terkendali," terang Rohidin.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2