Round-Up

Jawa Timur Jadi Atensi Jokowi, Gugus Tugas Siapkan Amunisi

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 22:45 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran kementerian dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19 fokus ke daerah yang memiliki kasus Corona tinggi seperti Jawa Timur. Tim Gugus Tugas pun menyiapkan amunisi.

Mulanya, Jokowi mengimbau agar daerah yang kasus Coronanya masih tinggi mesti jadi fokus. Dia meminta daerah tersebut diberi dukungan.

"Saya ingin Gugus Tugas dan kementerian juga fokus pada provinsi yang miliki kasus barunya cukup tinggi. Di Jawa, terutama, agar dibantu, diberikan dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur, terutama yang berkaitan dengan kesiapan rumah sakit rujukan, dan rumah sakit daruratnya," kata Jokowi dalam ratas yang disiarkan secara langsung di YouTube Setpres, Rabu (27/5/2020).

Jokowi meminta agar Jawa Timur benar-benar jadi perhatian tim Gugus Tugas dan Menteri Kesehatan.

"Ini Pak Menkes juga Ketua Gugus Tugas betul-betul saya minta, Jawa Timur jadi perhatian," imbuhnya.

Jokowi juga meminta adanya pelacakan kasus Corona yang masif di Jawa Timur. Ini merupakan salah satu upaya untuk menekan kasus Corona.

"Kemudian berkaitan dengan percepatan pengujian sampel, pelacakan untuk yang terpapar di Jawa Timur betul-betul dilakukan langkah-langkah pengendalian," tuturnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga meminta Gugus Tugas dan Menkes memperhatikan daerah lain yang masih mengalami kenaikan jumlah kasus, dari Sulawesi Selatan hingga NTB.

"Termasuk juga provinsi yang lain di luar Jawa yang penambahannya masih cukup tinggi, yaitu di Sulawesi Selatan, di Kalimantan Selatan, di Sumatera Selatan, di Papua, dan di NTB," tutur Jokowi.

Selanjutnya
Halaman
1 2