DPRD Dukung Pemprovsu Perluas Penerima Bansos Corona-Beri Stimulus Ekonomi

Ahmad Arfah - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 22:01 WIB
Rapat DPRD Sumut bersama Pemprov (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Rapat DPRD Sumut bersama Pemprov (Ahmad Arfah-detikcom)
Medan -

Pansus COVID-19 DPRD Sumatera Utara menyampaikan dukungan terhadap langkah Pemprov Sumut (Pemprovsu) dalam menangani virus Corona. Salah satunya soal pemberian stimulus ekonomi untuk sektor pertanian.

"Pak Wakil Gubernur akan mengusulkan agar Bank Sumut menyiapkan program stimulus ekonomi terutama di sektor pertanian agar bisa mencapai target swasembada pangan di tengah COVID-19," ujar Ketua Pansus COVID-19 DPRD Sumut, Akbar Himawan Buchari, kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

"Alhamdulillah, usulan tersebut sangat baik dan kami dari Pansus mendukung penuh," sambungnya.

Rencana pemberian stimulus itu sendiri disampaikan dalam rapat bersama Pemprov dengan Pansus COVID-19, Selasa (26/5). Dalam rapat itu, Wagub Musa Rajekshah (Ijeck) menjelaskan sejumlah kebijakan Pemprov dalam menangani masalah terkait virus Corona.

Kembali ke Akbar. Dia juga mengingatkan Pemprov Sumut memperhatikan sektor UMKM. Akbar mengatakan hal tersebut perlu dilakukan agar ekonomi masyarakat tidak lumpuh.

"Kami juga berharap agar keberadaan usaha kecil dan menengah tetap diperhatikan, agar perekonomian masyarakat tidak lumpuh," ucapnya.

Selain itu, Akbar menyarankan bantuan sosial (bansos) dari Pemprov diberikan secara tunai. Menurutnya, pemberian bansos secara tunai lebih meringankan tugas pemerintah dibanding bansos sembako.

"Hal ini penting demi meringankan beban pemerintah, serta memberikan kewenangan ke masyarakat untuk menggunakan bantuan tersebut sesuai kebutuhan," kata Akbar.