Datangi Kemenkes, DPR Cek Persiapan Protokol New Normal Saat Pandemi Corona

Tim Detikcom - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 19:00 WIB
Satgas Lawan COVID-19 DPR kunjungi Kemenkes
Satgas Lawan COVID-19 DPR mengunjungi Kemenkes. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Satgas Lawan COVID-19 DPR RI mengunjungi kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes). DPR ingin memastikan kesiapan pemerintah yang mewacanakan menerapkan tatanan normal baru (new normal) di tengah pandemi virus Corona.

Kunjungan ke Kemenkes di Kuningan, Jakarta Selatan, dipimpin langsung Wakil Ketua DPR sekaligus Ketua Satgas Lawan COVID-19 DPR Sufmi Dasco Ahmad siang tadi. Menurutnya, DPR akan melakukan road show ke pihak-pihak terkait yang akan terlibat dalam urusan new normal ini.

"Mengawali road show ke kementerian dan sektor-sektor pelaku industri dan lain-lain, pada hari ini Satgas Lawan COVID-19 DPR mengunjungi Kementerian Kesehatan," ungkap Dasco kepada wartawan, Rabu (27/5/2020).

DPR ingin memastikan kesiapan pemerintah menuju tatanan normal baru di tengah pandemi Corona. Dasco menyebut pihaknya ingin memastikan pemerintah sudah menyiapkan panduan sebaik-baiknya agar masyarakat tetap bisa hidup normal meski ada wabah.

"Satgas Lawan COVID-19 DPR memastikan bahwa Kemenkes membikin panduan, protokol kesehatan, untuk semua sektor. Yang kedua, setelah mendengarkan pemaparan, Satgas Lawan COVID-19 DPR itu akan memastikan bahwa protokol-protokol yang disiapkan oleh Kemenkes untuk semua sektor," ucap Waketum Gerindra itu.

"Itu di-sharing dan wajib diikuti oleh semua sektor untuk dibuatkan SOP secara detail yang disesuaikan dengan kondisi dan tempat masing-masing sektor," lanjut Dasco.

Satgas Lawan COVID-19 DPR kunjungi KemenkesSatgas Lawan COVID-19 DPR mengunjungi Kemenkes. (Foto: dok. Istimewa)

Meski saat ini kurva pertambahan kasus masih terus meningkat, Dasco tetap menilai tatanan normal baru tidak bisa terelakkan. Ia menyatakan hidup harus terus berjalan meski kondisi saat ini memang sedang tidak baik.

"Tatanan hidup baru ini tidak bisa menunggu lebih lama. Karena, biar bagaimanapun, rakyat kita juga sedang susah. Upaya menurunkan kurva dan menggerakkan roda ekonomi itu harus saling berjalan, untuk protokol new normal harus diikuti oleh semua sektor untuk menjamin tenaga kerja, anak sekolah, dan lain-lain," tuturnya.

Rombongan DPR diterima langsung oleh Menkes Terawan Agus Putranto. Kepada Dasco dan anggota DPR lainnya yang hadir, pihak Kemenkes juga memaparkan data-data perkembangan terbaru terkait pandemi Corona di Indonesia.

Menurut Dasco, Terawan menegaskan peraturan-peraturan turunan dalam menghadapi tatanan normal baru sudah disiapkan. Kemenkes juga berterima kasih karena Satgas Lawan COVID-19 DPR memberikan penjelasan yang lebih detail agar implementasinya bisa dikerjakan dengan lebih baik.

DPR rencananya juga akan mengunjungi beberapa kementerian lainnya, dengan tujuan yang sama.

"Satgas Lawan COVID-19 DPR RI akan melakukan road show ke kementerian terkait lainnya, seperti Kementerian Agama, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perekonomian, Kementerian Perhubungan, dan Kamar Dagang Industri, PHRI, serikat pekerja, dan beberapa institusi lain," ucap Dasco.

"Untuk memastikan bahwa protokol kesehatan harus dibuat dalam rangka tatanan hidup baru yang mengacu pada protokol kesehatan yang dibuat oleh Kementerian Kesehatan," sambungnya.

Selain Dasco, anggota DPR lain yang datang ke Kemenkes hari ini adalah Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melkiades Laka Leba (F-Golkar), anggota Komisi IX DPR Muchamad Nabil Haroen (F-PDIP), dan Putih Sari (F-Gerindra). Selain itu, ada anggota Komisi III DPR RI Andre Rosiade, Wihadi Wiyanto, dan Habiburokhman (F-Gerindra).

(elz/jbr)