Jadi Atensi Jokowi, Ini Strategi Gugus Tugas untuk Bantu Atasi Corona di Jatim

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 14:07 WIB
Ketua Gugus Tugas Penanganan Wabah Corona Doni Monardo
Foto: Rakean R Natawigena/20detik
Jakarta -

Gugus Tugas Pusat menyusun strategi membantu Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam menyelesaikan masalah wabah virus Corona. Penyelesaian masalah penyebaran Corona di Jawa Timur langsung menjadi atensi Presiden Joko Widodo agar gugus tugas pusat langsung turun membantu.

"Bapak Presiden menugaskan Gugus Tugas untuk memberikan dukungan penuh kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, mengingat sejumlah kasus di Jawa Timur, khususnya di Kota Surabaya mengalami peningkatan yang cukup tinggi," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Letjen Doni Mondardo dalam siaran pers, Rabu (27/5/2020).

Doni menuturkan beberapa hari lalu telah memberangkatkan 2 unit kendaraan mobile untuk membantu operasi beberapa laboratorium di Jatim yang mengalami gangguan. Menurutnya, satu unit mobil tersebut sudah tiba di Jawa Timur pagi tadi dan satu unit berikutnya baru diberangkatkan tadi pagi.

"Tim Gugus Tugas telah diberangkatkan beberapa hari lalu termasuk 2 unit kendaraan masing-masing sudah tiba tadi pagi 1 unit mobil mobile BSC 2 pada pukul 05.30 WIB dan 08.30 hari diberangkatkan lagi satu unit mobil," katanya.

"Sehingga dua unit mobil akan beroperasi untuk membantu beberapa laboratorium yang mengalami gangguan," sambungnya.

Tak hanya itu, Gugus Tugas Pusat juga telah menyiapkan sejumlah rumah sakit sebagai rumah sakit darurat untuk menangani pasien Corona. Dengan tambahan sejumlah rumah sakit darurat itu, masyarakat Jawa Timur dapat mendapat pelayanan kesehatan yang memadai.

"Termasuk juga gugus tugas membantu untuk menyiapkan rumah sakit darurat termasuk balai pelatihan SDM Surabaya dan juga RS lapangan Indrapura. Kita harapkan dengan bertambahnya sejumlah RS darurat tambahan ini, maka warga kita yang mengalami sakit di Jawa Timur bisa mendapatkan perhatian yang memadai," pungkasnya.

(fas/dhn)