Jokowi Perintahkan Tambahan Pasukan di Daerah dengan Kurva Corona Masih Tinggi

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 10:50 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Lukas/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya mengecek kesiapan daerah dalam mengendalikan virus Corona (COVID-19). Jokowi memerintahkan penambahan pasukan dilakukan di daerah yang masih memiliki kurva tinggi.

"Saya minta tolong dicek tingkat kesiapan daerah, dalam mengendalikan virus ini. Untuk daerah yang masih tinggi yang kurvanya masih naik saya kemarin juga sudah perintahkan pada gugus tugas, kepada panglima TNI dan Polri," ujar Jokowi, dalam ratas yang disiarkan langsung di YouTube Setpres, Rabu (27/5/2020).



Jokowi menyebut dirinya telah meminta gugus tugas, Panglima TNI, dan Polri menambah pasukan. Dia menuturkan salah satu daerah yang masih memiliki kurva tinggi adalah Jawa Timur.

"Untuk di Jawa Timur, misalnya, untuk kita tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi," ujar Jokowi.

Selain penambahan pasukan, Jokowi meminta dilakukan pelacakan ODP dan PDP secara agresif. Hal ini, menurutnya, perlu dilakukan di setiap provinsi yang masih memiliki kurva tinggi.



"Dan memasifkan pengujian sampel pelacakan agresif terhadap ODP dan PDP dan melakukan isolasi yang ketat," kata Jokowi.

"Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang kurvanya masih naik," sambungnya.

(dwia/dhn)