KSP: Status Darurat Bencana Corona Bisa Dicabut Jika New Normal Sudah Siap

Dwi Andayani - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 08:51 WIB
Tenaga Ahli Utama KSP Donny Gahral Adian
Donny Gahral Adian (Foto: dok. ist)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai mempersiapkan berlangsungnya 'new normal'. Tenaga ahli utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menyebut status darurat bencana COVID-19 akan dicabut jika 'new normal' siap dilakukan.

"Jadi saya kira dicabut kalau memang kita memang sudah siap untuk memasuki 'new normal'," ujar Donny saat dihubungi, Selasa (26/5/2020).


Namun, Donny menyebut ada hal lain yang juga menjadi pertimbangan. Yaitu, kondisi naik-tidaknya pandemi Corona.

"Tetapi semua tergantung juga pada situasi atau kondisi terkini, dari pandemi Corona ini. Apabila memang dirasakan sudah membaik tentu saja kemungkinan akan dilonggarkan," kata Donny.

Tidak hanya itu, menurutnya, pencabutan status darurat juga dilihat dari masih ada atau tidaknya provinsi yang menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Disebutkan, nantinya jika PSBB dilonggarkan, aturan terkait dengan 'new normal' akan dibuat.


"Sekali lagi masih melihat beberapa minggu ke depan ini, terutama provinsi-provinsi yang melakukan PSBB apakah akan diperpanjang atau tidak," tuturnya.

"Jadi Pak Jokowi kan orangnya sangat antisipatif jadi kalau nanti dilonggarkan PSBB maka tentu saja berbagai aturan yang berkaitan dengan 'new normal' akan dibuat," sambungnya.

Tonton juga video 'Anies Berharap 4 Juni Jadi Masa Transisi Normal Baru':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/idn)