Arab Saudi Longgarkan Lockdown, Masjid Nabawi Dibuka 31 Mei

ADVERTISEMENT

Arab Saudi Longgarkan Lockdown, Masjid Nabawi Dibuka 31 Mei

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 27 Mei 2020 08:15 WIB
Medina, Saudi Arabia - April 16, 2011: Muslim pilgrims entering to Masjid al-Nabawi ( Prophets Mosque ) for the noon prayer. As the final resting place of the Prophet Muhammad, it is considered the second holiest site in Islam by Muslims (the first being the Masjid al-Haram in Mecca).
Masjid Nabawi/Foto: Getty Images
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi akan melakukan pelonggaran lockdown dengan membuka kembali sejumlah masjid, termasuk Masjid Nabawi. Rencananya, Masjid Nabawi akan dibuka pada 31 Mei atau 8 Syawal.

Kabar pembukaan Masjid Nabawi disampaikan oleh pengurus dua masjid (Masjidil Haram dan Nabawi) melalui akun Twitter @hsharifain. "Gerbang Masjid Nabawi diizinkan dibuka untuk umum dari 8 Syawal 1441," cuit pengurus masjid tersebut dikutip detikcom, Selasa (27/5/2020).

Selain itu, pemerintah Arab Saudi juga telah mengizinkan masjid umum di luar kota Mekkah untuk dibuka dan menggelar sholat Jumat. Hanya saja Waktu dibatasi, yakni dibuka 20 menit sebelum sholat Jumat dan ditutup 20 menit usai sholat Jumat.

Dikutip dari Aljazeera, pelonggaran lockdown yang dilakukan pemerintah Arab Saudi akan dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama dengan mengizinkan kegiatan jual beli, termasuk mal mulai 28-30 Mei selama 15 jam dari 6 pagi sampai 3 sore.

Tahap kedua, pegawai kantoran baik pemerintah dan swasta diperbolehkan masuk mulai tanggal 31-20 Juni pukul 6 pagi sampai 8 malam. Tahap ini juga membolehkan masjid untuk menggelar salat berjamaah dan juga salat Jumat.

Kemudian, tahap terakhir akan berlaku pada 21 Juni di mana semua aktivitas diharapkan berjalan normal seperti biasa. Hanya saja, setiap masyarakat diimbau tetap memakai masker dan menjalankan hidup bersih.

Sementara itu, kasus positif virus corona di Arab Saudi tercatat menginfeksi 74.795 orang. Dari angka tersebut 399 orang dilaporkan meninggal dunia.

Tonton juga video Melihat Bilik Disinfektan yang Ada di Masjidil Haram:

(pay/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT