Petugas Keamanan Hutan di Dompu Ditangkap Polisi karena Curi Motor

Faruk Nickyrawi - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 22:23 WIB
Petugas keamanan hutan di Dompu ditangkap polisi karena curi motor
Petugas keamanan hutan di Dompu ditangkap polisi karena mencuri motor. (Foto: dok. Istimewa)
Dompu -

Seorang petugas keamanan hutan, Jaenudin (33), asal Desa Pekat, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), ditangkap polisi karena mencuri sepeda motor. Dalam aksinya, pelaku terekam kamera CCTV yang berada di lokasi kejadian.

"Berkat rekaman CCTV tersebut, petugas menangkap pelaku pada Selasa (26/5/2020) sekitar pukul 19.30 Wita saat sedang duduk di Pasar Minggu. Jaenudin merupakan anggota Jaga Pam Hut KPH Tambora," kata pejabat Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah, Selasa (26/5/2020).

Jaenudin mencuri satu unit sepeda motor di salah satu rumah warga di Lantonda Barat, Desa Pekat. Dia melakukan aksinya pada Selasa (25/5) sekitar pukul 01.30 Wita.

Jaenudin berhasil menggasak sepeda motor yang disimpan di dalam rumah dalam keadaan terkunci setang. Korban, yang merupakan seorang perempuan, mengetahui motornya dicuri ketika hendak melakukan salat Subuh. Korban pun langsung melaporkan kejadian yang menimpanya kepada Polsek Pekat.

"Pengungkapan berawal dari adanya rekaman CCTV yang dipasang di rumah korban. Pada saat kejadian, pelaku berjalan sendiri menuju TKP. Setelah sampai di TKP dan melihat situasi aman, pelaku langsung menggeret sepeda motor sekitar 200 meter dari TKP dan menghidupkan sepeda motor dengan cara menyambung kabel kontak sepeda motor," jelas Hujaifah.

Polisi akhirnya berhasil mengamankan pelaku, sementara sepeda motor yang dicuri dibawa pelaku ke keluarganya di Dompu.

"Posisi kendaraan curian tersebut berada di rumah keluarganya di Dompu. Kemudian, berdasarkan hasil penggalangan dari Unit Intelkam Polsek Pekat dan Bhabinkamtibmas Desa Pekat, terduga pelaku kemudian menyerahkan kembali sepeda motor," ujarnya.

(eva/eva)