Diminta Jokowi, Gorontalo Siap Terapkan Pendisiplinan Cegah Corona

Ajis Khalid - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 20:36 WIB
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (Ajis Khalid/detikcom)
Gorontalo -

Provinsi Gorontalo jadi satu dari empat provinsi yang ditunjuk untuk penerapan pendisiplinan protokol kesehatan penanggulangan virus Corona (COVID-19). Gorontalo mengaku siap menjalankan pendisiplinan serentak.

"Gorontalo sangat siap. Skenarionya sudah ada, besok kita akan kaji semua dengan tim jam 09.00 di Polda Gorontalo. PSBB kita kan yang kedua berlaku dari 18 Mei sampai 31 ini akan diputuskan pada rapat besok, tapi kita sudah mempersiapkan new normal tapi dengan kajian-kajian yang matang, jangan sampai ini membingungkan masyarakat, belum selesai ini sudah ada satu," kata Gubernur Gorontalo Rusli Habibie seusai rapat terbatas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di rumah jabatan gubernur, Selasa (26/5/2020).

Rusli mengaku mendapat informasi setelah diberi tahu Wakil Gubernur Idris Rahim. Dari 34 provinsi, hanya ada empat provinsi termasuk Gorontalo akan dilakukan penerapan disiplin protokol kesehatan.

"Jadi, kalau kami menyimpulkan, apa pun yang menjadi imbauan pemerintah provinsi, pusat, dan daerah, itu kembali pada pelaksanaan protokol kesehatan. Kalau saja itu sudah dilaksanakan oleh masyarakat dan kesadaran sudah melaksanakan, itu sangat membantu kami. Tidak perlu lagi ada pembatasan wilayah, tidak perlu lagi ada pemblokiran jalan, tidak perlu lagi ada penutupan pasar, penutupan mal," tegas Rusli, yang juga Ketua Gugus Tugas COVID-19 Gorontalo.

Dia menilai, intinya, penjual dan pembeli harus patuh pada protokol kesehatan. Tidak boleh berkerumun, tetap memakai masker, rajin mencuci tangan, istirahat yang cukup, dan tetap di rumah kalau tidak ada kepentingan yang mendesak.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2