Banjir Bandang di Tana Toraja Sulsel, 1 Orang Meninggal Dunia

Muhammad Riyas - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 19:41 WIB
Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang di Tana Toraja, Sulsel
Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang di Tana Toraja, Sulsel (Foto: Istimewa)
Tana Toraja -

Banjir bandang melanda dua desa di Lembang Rumandan, Kecamatan Rano, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Satu orang meninggal dunia dan rumah warga rusak berat akibat bencana ini.

Dari informasi yang diterima, hujan deras mengguyur wilayah Dusun Batukara dan Dusun Kangdo sejak Senin (25/5/2020) siang hingga sore hari. Akibatnya, seorang warga bernama Sonda (80), yang pulang dari kebun, meninggal dunia terseret banjir di Dusun Batukara Lembang Rumandan dan ditemukan sekitar 5 km dari lokasi kejadian. Sementara di Dusun Kangdo Lembang Rumandan, dua unit rumah rusak berat terseret banjir.

Kepala Lembang Rumandan Darius Sappang mengatakan banjir itu datang disertai material tanah dan batu. Banjir itu mengguyur 2 dusun selama beberapa jam.

"Dua rumah rusak masing-masing rumah milik Lokkong yang tinggal seorang diri, dan rumah milik Runi bersama 5 orang Keluarganya, sehingga total 7 orang diungsikan dan dibuatkan posko darurat di dekat Gereja," jelas Darius saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/5/2020).

Selain merusak dua rumah warga, banjir menghanyutkan 1 unit motor, 1 mesin pemotong kayu, dan merusak 6 kolam ikan, pipa air bersih, serta menutup irigasi dan jalan poros Rano-Bonggakaradeng sepanjang 2 kilometer. Hingga saat ini, Dinas Sosial Tana Toraja telah menyerahkan logistik dan bantuan uang tunai untuk para korban banjir bandang.

(zap/zap)