Unik! Unilak Pekanbaru Gelar Halal Bihalal 'Raye Drive Thru' Saat Pandemi

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 16:09 WIB
Halal bihalal drive thru di Pekanbaru (Chaidir-detikcom)
Foto: Halal bihalal drive thru di Pekanbaru (Chaidir-detikcom)
Pekanbaru -

Pihak Universitas Lancang Kuning (Unilak) di Pekanbaru punya cara unik untuk melakukan halal bihalal Idul Fitri di tengah pandemi Corona, yakni secara drive thru. Para peserta 'Raye Drive Thru' ini tetap berada di kendaraan masing-masing sambil menyapa pimpinan kampus.

"Tadi menggelar silaturahim ini pada keluarga besar kampus Unilak dengan bersilarutahim hanya di kendaraan tanpa harus turun dan bersalaman," kata Rektor Unilak Dr Junaidi, Selasa (26/5/2020).

Junaidi mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 400 orang. Mereka menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil saat halal bihalal drive thru.

Acara di gelar di lobi rektorat kampus Unilak di Kecamatan Rumbai. Para pimpinan Unilak terlihat berdiri sambil menyapa peserta acara yang melintas di depan mereka.

"Kita pada jajaran pimpinan di kampus hanya berdiri depan lobi saja. Setiap keluarga kampus hanya menyapa sebentar di dalam mobilnya atau hanya di atas motornya saja. Saya melihatnya saja sudah senang, rasanya lebih puas buat acara seperti ini dari pada lewat virtual," kata Junaidi.

Menurutnya, 'Raye Drive Thru' dilakukan demi mematuhi pada aturan pemerintah untuk menghindari kontak fisik. Kegiatan digelar dengan mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19.

"Sehingga solusinya kami buat acara di internal kampus dengan sistem drive thru. Ini semua mengikuti aturan protokoler kesehatan," kata Junaidi.

Gubernur Riau, Syamsuar, menyambut positif acara tersebut. Dia mengatakan warga di Riau harus mematuhi anjuran jaga jarak yang dibuat oleh pemerintah.

"Saya mengapresiasi sistem berlebaran yang dilaksanakan lingkungan kampus yang tetap mengedepankan protokoler kesehatan. Saya imbau masyarakat Riau untuk tetap mengikuti protokoler kesehatan gunakan masker dan rajin cuci tangan," kata Syamsuar.

(cha/haf)