Warga Sambangi Summarecon Mall Bekasi Saat Kesiapan New Normal, Ini Kata RK

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 15:17 WIB
Ridwan Kamil
Foto: Ridwan Kamil (Andhika/detikcom)
Bekasi -

Summarecon Mall Bekasi dikunjungi warga saat persiapan penerapan new normal di pusat niaga. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menjelaskan alasan mal dikunjungi warga.

"Kenapa ada orang hari ini? Karena sejak PSBB pun urusan makanan dan obat-obatan memang buka. Di luar makanan dan obat tidak boleh. Bahan pokok pangan ya, makanan," kata RK di Summarecon Mall Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).

RK menegaskan mal belum dibuka. Dibukanya mal dalam rangka simulasi yang dicek langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tolong berita hari ini bukan membuka mal seperti yang beredar. Ini presiden melakukan simulasi jika nanti mal-nya sudah mulai bisa dibuka, itu proses simulasinya seperti apa. jadi hari ini tidak ada istilahnya pembukaan mal," ujar RK.

RK menambahkan, penerapan new normal di Summarecon Mall Bekasi karena wilayah ini masuk zona hijau virus Corona (COVID-19). Namun pelaksanaan protokol kesehatan tetap dilakukan.

"Kalau dizoom ke dalam kelurahan, level zona merah banyak yang sudah hijau. Ini salah satunya. Summarecon Mall Bekasi ini masuk ke kelurahan yang masuk zona hijau. Itu masukan pak wali. Maka secara aturan, zona hijau adaptasi bisa dilakukan tegap dengan protokol baru," jelas RK.

(dkp/lir)