Polisi Gerebek Balapan Liar Saat Lebaran di Sulsel, 11 Motor Disita

Hermawan Mappiwali - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 15:08 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Foto: Ari Saputra/detikcom
Selayar -

Polisi melakukan penggerebekan terhadap sejumlah remaja yang terlibat balapan liar saat Lebaran di Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Alhasil, polisi menyita belasan motor

"Total 11 unit motor kita sita," ujar Kapolres Selayar AKBP Temmangnganro Machmud kepada detikcom, Selasa (26/5/2020).

Balapan liar itu terjadi di Jalan Poros arah Pelabuhan Pamatata, Desa Buki, Kecamatan Buko, Selayar, sekitar pukul 16.30 Wita, Minggu (24/5).

Dia mengatakan penggerebekan ini berawal saat polisi memantau kondisi wilayah Selayar melalui media sosial. Polisi menemukan sejumlah remaja yang sedang melakukan balapan liar yang disiarkan secara live di media sosial.

Menurut Temmangnganro, pihaknya datang menggerebek lokasi balapan liar dengan cara menerjunkan 2 tim. Tim pertama ditugaskan melakukan penyamaran.

"Anggota menggunakan kendaraan pribadi untuk mengelabui pelaku balapan liar dan langsung menerobos, melewati para pelaku balapan liar lalu menutup jalur arah utara," terangnya.

Selanjutnya, tim lainnya dengan kendaraan dinas langsung menyergap dan menutup jalur arah selatan.

"Jadi para pelaku balapan tidak berkutik dan barang bukti unit sepeda motor diangkut dan diamankan ke Polres guna mengikuti proses tilang," katanya.

Terkait kondisi ini, Temmangnganro menyayangkan kegiatan remaja yang kumpul- kumpul melakukan balapan liar di jalan umum di tengah wabah Corona (COVID-19).

"Ditambah juga masyarakat sedang merayakan Lebaran, jadi hal ini sangat disayangkan," katanya.

"Mereka kita tindak tegas dalam rangka mencegah mereka menjadi korban laka tunggal atau pun membahayakan keselamatan masyarakat lainnya. Polisi menyayangi masyarakat jangan sampai nyawanya korban sia-sia," katanya.

(isa/isa)