Jokowi: Pendisiplinan oleh TNI-Polri Akan Kita Lebarkan ke Provinsi Lainnya

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 14:30 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Bekasi -

Mulai hari ini, TNI dan Polri diterjunkan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam hal mematuhi protokol kesehatan pencegahan virus Corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan aparat TNI dan Polri itu diterjunkan di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota.

"Pada hari ini, telah dimulai TNI dan Polri menggelar pasukan dan aparatnya di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota. Di Sumatera Barat, DKI Jakarta, di Jawa Barat, dan di Gorontalo. Di kota-kota ada 25; di Surabaya, di Malang. dan lain-lainnya," kata Jokowi di Mal Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Selasa (26/5/2020).

Jokowi mengatakan nantinya kebijakan ini akan dievaluasi dalam seminggu ke depan. Dia mengungkapkan, rencananya pendisiplinan oleh TNI dan Polri itu dilakukan ke semua wilayah di Indonesia.

"Ini akan kita lihat dalam 1 minggu ini dampaknya seperti apa, kemudian akan kita lebarkan ke provinsi dan kabupaten, kota lainnya. Apabila itu dirasa terdapat perbaikan-perbaikan yang signifikan karena kita telah menurunkan TNI dan Polri di tempat-tempat kabupaten dan kota," tuturnya.

Jokowi berharap, dengan pendisiplinan oleh TNI dan Polri itu, laju penyebaran kasus virus Corona (COVID-19) akan terus menurun. Masyarakat, kata dia, juga makin disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan.

"Kita ingin sekali lagi bisa masuk ke normal baru, ke tatanan baru. Dan kita ingin muncul sebuah kesadaran yang kuat, muncul kedisiplinan yang kuat, sehingga R0 nya bisa terus kita tekan di bawah 1," kata Jokowi.

(mae/fjp)