Selain Puasa Syawal, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Usai Ramadhan

Rosmha Widiyani - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 07:53 WIB
ilustrasi anak berdoa
Foto: iStock/Selain Puasa Syawal, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan Usai Ramadhan
Jakarta -

Ramadhan memang telah berlalu, namun berkat dan rahmat akan terus mengalir untuk tiap muslim. Salah satunya lewat ibadah yang terus dilakukan selepas Ramadhan.

Ibadah tersebut tak hanya Puasa Syawal selama 6 hari, yang keutamaannya sudah dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadis berikut

عَنْ أَبِي أَيُّوبَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ـ صلى الله عليه وسلم ـ ‏ "‏ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصَوْمِ الدَّهْرِ ‏"

Artinya: Seperti diceritakan dari Abu Ayyub, Rasulullah SAW berkata, "Siapa saja yang berpuasa selama Ramadhan kemudian diikuti enam hari saat Syawal maka seperti berpuasa seumur hidup." (HR Ibnu Majah).

Berikut ibadah lain yang bisa diterapkan usai Ramadhan, masuk Syawal, hingga tahun berganti

1. Puasa Senin Kamis

Selain Puasa syawal, ibadah sunnah Puasa Senin Kamis bisa dilakukan umat Islam. Puasa sunnah lebih baik dilakukan usai membayar lunas utang puasa Ramadhan.

Dalam kitab Riyad As-Salihin, Rasulullah SAW diceritakan biasa Puasa Senin Kamis seperti yang diceritakan Aisyah

وعن عائشة رضي الله عنها قالت‏:‏ كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يتحرى صوم الاثنين والخميس

Artinya: Aisyah (semoga Allah SWT ridho kepadamu) menceritakan, "Rasulullah SAW biasa puasa pada hari senin dan kamis." (HR Tirmidzi).

Hadits lain menceritakan, seluruh amal manusia diperlihatkan pada hari Senin dan Kamis sehingga akan lebih baik jika saat itu sedang berpuasa,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ ‏"

Artinya: Abu Hurairah menceritakan, Rasulullah SAW berkata, "Amal perbuatan diperlihatkan pada Senin dan Kamis, aku suka jika saat amalku diperlihatkan sedang puasa." (HR Tirmidzi).

2. I'tikaf

Berdiam diri di masjid biasanya dilakukan selama 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, atau di rumah sendiri selama pandemi virus corona berlangsung. Bagi yang belum melakukan i'tikaf bisa melakukannya di Bulan Syawal

Dalam haditsnya, Rasulullah SAW dikisahkan pernah melakukan i'tikaf di bulan Syawal bukan Ramadhan,

عَنْ عَائِشَةَ ـ رضى الله عنها ـ أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم أَرَادَ أَنْ يَعْتَكِفَ، فَلَمَّا انْصَرَفَ إِلَى الْمَكَانِ الَّذِي أَرَادَ أَنْ يَعْتَكِفَ إِذَا أَخْبِيَةٌ خِبَاءُ عَائِشَةَ، وَخِبَاءُ حَفْصَةَ، وَخِبَاءُ زَيْنَبَ، فَقَالَ ‏ "‏ آلْبِرَّ تَقُولُونَ بِهِنَّ ‏"‏‏.‏ ثُمَّ انْصَرَفَ، فَلَمْ يَعْتَكِفْ، حَتَّى اعْتَكَفَ عَشْرًا مِنْ شَوَّالٍ‏.

Artinya: Aisyah menceritakan: Rasulullah SAW berniat melaksanakan i'tikaf dan ketika sampai di tempatnya hendak beribadah dia melihat tenda Aisyah, Hafsa, dan Zainab. Lalu dia berkata, "Apakah kamu menilai mereka berniat melakukan kebenaran dengan menerapkan ini?" Dia lalu pergi dan tidak melakukan i'tikaf Ramadhan, namun melakukannya di Bulan Syawal selama 10 hari. (HR Bukhari).

Yang dimaksud berdiam diri di masjid tentu bukan hanya duduk membuang waktu. Muslim bisa meningkatkan ibadah selama i'tikaf yaitu sholat, dzikir, membaca Al-Qur'an, dan melakukan ibadah lainnya.

3. Sholat berjamaah

Sesuai dengan kondisi pandemi virus corona saat ini, sholat berjamaah sebaiknya dilakukan di rumah bersama anggota keluarga. Jika melakukannya di masjid pastikan memakai masker, menjaga jarak, menggunakan alat sholat sendiri, dan hidup bersih.

Keutamaan sholat berjamaah telah dijelaskan dalam hadist yang diceritakan Ibnu Umar,

عَنِ ابْنِ عُمَرَ، قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم ‏"‏ صَلاَةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ عَلَى صَلاَةِ الرَّجُلِ وَحْدَهُ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً ‏"

Artinya: Ibnu Umar berkata, Rasulullah mengatakan, "Sholat yang dilakukan bersama atau sholat jamaah lebih tinggi 27 derajat dibanding yang sholat sendiri." (HR Tirmidzi).

Selain sholat berjamaah, para muslim tentunya jangan sampai melalaikan sholat sunnah yang dilakukan di sela ibadah wajib. Sholat sunnah, seperti ibadah lain yang sifatnya tidak wajib, akan menolong muslim di hari akhir.

4. Membaca Al-Qur'an

Kebiasaan membaca Al-Qur'an harus berlanjut meski Ramadhan 2020 telah usai yang ditandai Idul Fitri 1441 H. Keutamaan membaca Al-Qur'an telah dijelaskan dalam hadist yang berderajat shahih,

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏:‏ ‏ "‏من قرأ حرفًا من كتاب الله فله حسنة، والحسنة بعشر أمثالها لا أقول‏:‏ ألم حرف، ولكن ألف حرف، ولام حرف، وميم حرف‏

Artinya: Rasulullah SAW berkata, "Siapa saja yang membaca satu huruf dalam Al-Qur'an akan mendapat pahala, dan pahalan tersebut dilipatgandakan 10 kali. Aku tidak berkata Alif-Lam-Mim adalah satu huruf namun Alif adalah satu huruf, Lam adalah satu huruf, dan Mim adalah satu huruf." (HR Tirmidzi).

Saat membaca Al-Qur'an, tiap bisa membaca dengan metode pilihannya sendiri yang dirasa nyaman. Namun sebelum memilih dan menerapkannya, muslim wajib memperhatikan dampkanya bagi lingkungan sekitar. Jika ada yang merasa terganggu atau kurang suka, maka lebih baik membaca dengan suara pelamn.

Sama halnya bagi yang bingung hendak membaca cepat atau lambat. Tiap muslim bisa memilih sendiri kecepatan membaca Al-Qur'an asal tidak mengganggu pemahaman terkait suatu ayat. Pemahaman yang baik akan membantu penerapan ayat Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari.

5. Menikah

Menikah bagi yang sudah siap menjadi bentuk ibadah selanjutnya yang bisa dilakukan di bulan Syawal. Keutamaan menikah di bulan Syawal dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan Aisyah.

عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فِي شَوَّالٍ وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ ‏.‏ وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ يُبْنَى بِنِسَائِهَا فِي شَوَّالٍ ‏.

Artinya: Aisyah berkata, "Rasulullah SAW menikahiku di bulan Syawal dan kami mulai tinggal bersama di bulan Syawal." (HR Tirmidzi).

Berbagai bentuk ibadah dan amalan tersebut bisa menjadi pilihan tetap dekat dengan Allah SWT selepas Ramadhan. Kedekatan dengan Allah SWT menjamin perlindungan dan rahmat selalu menyertai muslim setiap saat.

(row/erd)