Rayakan Lebaran saat Pandemi, WNI di Tanzania Dibagikan Makanan Khas Nusantara

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 03:55 WIB
WNI di Tanzania Rayakan Lebaran dengan Makanan Nusantara
WNI di Tanzania Rayakan Lebaran dengan Makanan Nusantara (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta -

Warga negara Indonesia (WNI) di Tanzania merayakan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah dengan cara yang berbeda di tengah situasi pandemi Corona. Para WNI tersebut dibagikan makanan khas nusantara oleh KBRI Dar es Salaam untuk mengobati rasa rindu karena tidak bisa kembali ke tanah air.

Kegiatan bagi-bagi makanan nusantara ini dilakukan pada Sabtu (24/5) yang lalu. Program ini dilakukan karena situasi pandemi yang ada tidak memungkinkan KBRI menyelenggarakan silaturahim Idul Fitri bersama dengan WNI.

"Perayaan Idul Fitri tahun ini cukup spesial, karena dengan adanya situasi pandemi, banyak dari kita yang harus merayakannya bukan dalam kesemarakan dan keceriaan berkumpul bersama sanak saudara, namun dalam kenyamanan rumah masing-masing, dengan mengandalkan teknologi komunikasi yang ada," kata Duta Besar RI Dar es Salaam, Ratlan Pardede seperti dikutip dalam keterangan tertulis KBRI, Selasa (25/5/2020).

"Semoga Idul Fitri tahun ini tidak kehilangan makna karena keterbatasan yang ada tersebut. Sebaliknya, manfaatkanlah momentum ini untuk menggali lebih dalam makna spiritualisme Idul Fitri agar kita dapat benar-benar terlahir menjadi insan yang lebih baik," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ratlan juga mengimbau WNI yang berada di Kota Dar es Salaam, Tanzania untuk tetap menjaga kesehatan. Dia juga meminta WNI tetap menerapkan physical distancing dan kebersihan diri sendiri.

"Tidak lupa saya mengajak semuanya untuk tetap menjaga kesehatan melalui physical distancing dan sanitasi diri, serta tetap saling mendukung dan menguatkan satu sama lain agar dapat melewati masa pandemi ini," ucapnya.

Sebanyak 54 WNI yang tinggal di kota Dar es Salaam yang mendapatkan paket makanan tersebut menyambut baik program tersebut. Salah satunya tenaga pekerja WNI yang telah 4 tahun tinggal di Dar es Salaam, Kusworo.

"Ini program yang sangat bagus untuk mengobati rasa rindu suasana berlebaran di tanah air dalam situasi pandemi ini," ucap Kusworo.

Selain itu, kepada WNI yang tinggal di luar kota Dar es Salaam, KBRI juga kembali mendistribusikan paket tahap kelima bantuan pangan dan sanitasi kepada WNI yang bermukim di Zanzibar dan Arusha. Distribusi dikoordinasikan dengan WNI yang berada di dua daerah tersebut.

Sebanyak 102 WNI saat ini bermukim di wilayah akreditasi KBRI Dar es Salaam dan sebagian besar tengah melakukan physical distancing untuk mencegah penularan COVID-19. KBRI Dar es Salaam berkomitmen untuk mengupayakan agar seluruh WNI tersebut tetap berada dalam kondisi sehat dan aman.

(maa/maa)