Rayakan Lebaran di Tengah Pandemi, WNI di AS Silaturrahim Virtual-E-Takbiran

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 26 Mei 2020 01:27 WIB
KBRI Washington D.C
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Amerika Serikat merayakan hari raya Idul Fitri 1441 H dengan cara yang berbeda di tengah pandemi Corona. Para WNI khususnya di Washington D.C merayakan lebaran dengan silaturahim secara virtual hingga melakukan elektronik takbiran alias takbiran online.

KBRI Washington D.C menyebut kegiatan perayaan lebaran ini mulai dilakukan para WNI sejak malam terakhir bulan Ramadhan hingga hari pertama Idul Fitri tahun ini. Awalnya kegiatan dilakukan dengan silaturrahim virtual oleh KBRI dibantu organisasi masyarakat dan diaspora Indonesia di ibukota AS dan wilayah sekitarnya, Sabtu (23/5) malam.

"Kita semua, baik yang berada di AS maupun di tanah air, sedang menghadapi pandemi Covid-19. Namun situasi yang sulit ini tidak akan pernah bisa melunturkan semangat dan antusiasme kita semua untuk merayakan hari Lebaran dengan penuh suka cita, kebahagiaan, dan semarak," kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Washington DC / Wakil Duta Besar RI untuk AS, Iwan Freddy Hari Susanto seperti dikutip detikcom melalui rilis KBRI, Selasa (26/5/2020).

Puluhan pesan silaturrahim dan ucapan selamat lebaran dari organisasi/komunitas keagamaan, sosial budaya, dan kemasyarakatan WNI dan diaspora Indonesia di Washington DC dan wilayah sekitarnya ditayangkan dalam acara tersebut. Bahkan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno disebut juga sempat memberikan pesan-pesan kepada seluruh WNI di Amerika.

"Stay strong, stay healthy, and stay united," ujar Retno saat itu.

Acara saling sapa virtual yang berlangsung selama lebih 1 jam tersebut mengundang apresiasi dan menyedot banyak antusiasme masyarakat dan diaspora Indonesia di AS dari berbagai wilayah negara bagian Amerika. Acara silaturrahim virtual tersebut selanjutnya disambung dengan kegiatan E-Takbiran yang diselenggarakan oleh IMAAM Center dari rumah masing-masing. Ratusan jamaah Muslim Indonesia dengan khusyuk mengikuti bacaan takbir, tahmid, dan tahlil.

"Ramadhan kali ini memang berbeda. Namun pengamatan kami, pandemi ternyata tidak mengurangi ibadah dan amal kebaikan para jamaah. Lancarnya program Ramadhan tidak lepas dari kerja sama panitia dan dukungan penuh dari jamaah," kata Amir Ramadhan 1441 H, Yudi Sutrisno.

Keesokan harinya, IMAAM Center menggelar 'Lebaran Drive-Through' untuk memfasilitasi para jamaah dan masyarakat Indonesia lainnya dalam berhalal-bihalal. Selain itu, aneka makanan khas nusantara juga disajikan dalam acara lebaran drive-through ini.

"Pemerintah setempat belum membolehkan rumah-rumah ibadah beroperasi secara penuh. Namun dengan keterbatasan ini, kami mencoba untuk tetap menghadirkan suasana celebration Hari Raya Idul Fitri. Kami ingin masyarakat Muslim tetap happy di akhir bulan Ramadhan dan di awal bulan Syawal," ungkap Presiden IMAAM Center, Arif Musthofa.

(maa/maa)