PKB ke Amien Rais: New Normal Cara Hidup Lebih Sehat, Bukan soal Pengangguran

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 18:20 WIB
Daniel Johan
Foto: Daniel Johan. (Gibran Maulana/detikcom).
Jakarta -

Mantan Ketua MPR Amien Rais tak ingin bertambahnya pengangguran di tengah pandemi Corona dianggap sebagai new normal. PKB menyatakan new normal sama sekali tak terkait dengan pengangguran.

"New normal adalah cara hidup baru yang lebih sehat dan spesifik agar terhindar dari penyebaran virus yang sangat mudah penularannya, nggak ada urusannya dengan pengangguran dan kriminalitas," kata Ketua DPP PKB Daniel Johan saat dikonfirmasi, Senin (25/5/2020).

Daniel menyebut new normal adalah cara mengurangi dampak sosial dari ganasnya penularan COVID-19 agar bidang ekonomi yang penting tetap berjalan. New normal, katanya, memastikan ekonomi jalan sembari memotong arus penularan virus Corona dengan protokol kesehatan ketat.

"Seperti pakai masker, jangan bersentuhan, selalu cuci tangan," kata Daniel.

Meski demikian, Daniel punya catatan untuk pemerintah terkait new normal ini. Daniel ingin pemerintah benar-benar menghitung waktu yang tepat terkait periode new normal di Indonesia.

"Jangan new normal diterapkan saat puncak penularan berlangsung, dampaknya sangat mengkhawatirkan, bisa terjadi bencana kemanusiaan akibat tidak siapnya rumah sakit dan dokter dan Indonesia bisa diisolasi oleh dunia. Nanti tujuan untuk selamatkan ekonomi Indonesia malah terbalik memperparah," sebut dia.

(gbr/fjp)