Jaga Fisik-Mental, Cara Kabid Humas Polda Bengkulu Sembuh dari COVID-19

Hery Supandi - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 17:30 WIB
Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Sudarno, tetap berjemur dan berolahraga selama menjalani isolasi hingga dinyatakan sembuh COVID-19 (dok. Istimewa)
Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Sudarno tetap berjemur dan berolahraga selama menjalani isolasi hingga dinyatakan sembuh COVID-19. (Foto: dok. Istimewa)
Bengkulu -

Berbagai cara dan kegiatan dilakukan pasien COVID-19 agar bisa segera sembuh, termasuk melakukan olahraga rutin saat di karantina. Seperti yang dilakukan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Sudarno, satu dari 69 pasien di Bengkulu yang dinyatakan positif COVID-19.

Setidaknya dua pekan Sudarno menjalani isolasi. Sudarno dinyatakan sembuh pada Jumat, 22 Mei 2020, setelah hasil tes swab di laboratorium PCR RSUD M Yunus Bengkulu dinyatakan negatif.

Sejak dinyatakan positif, Sudarno berupaya agar tetap sehat dan berjuang melawan COVID-19. Awalnya Sudarno tak percaya ketika dinyatakan menjadi salah satu pasien terkonfirmasi COVID-19 karena dia tak merasakan gejala.


"Hasil swab dinyatakan positif, merasa tidak percaya. Ini kenyataan, saya harus siap mental dan tidak panik," cerita Sudarno, Senin (25/5/2020).

Setelah dinyatakan positif, Sudarno langsung membersihkan rumah dan melakukan penyemprotan desinfektan. Istri, anak, dan pembantu yang bekerja di rumahnya pun disuruh mengikuti pemeriksaan swab di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Bengkulu.

Setelah menjalani tes swab di Labkesda, istri, anak, dan pembantu bersama Sudarno sempat menghabiskan waktu dari pagi hingga berbuka puasa. Seusai berbuka puasa, dia langsung pergi ke RSUD M Yunus Bengkulu untuk menjalani isolasi dan mendapatkan perawatan dari tim medis.

Selain itu, kata Sudarno, dirinya tetap bersyukur. Dari hasil swab anggota keluarganya, mulai istri, anak, hingga pembantu yang ada di rumah, tidak terpapar COVID-19. Hal itu berdasarkan hasil swab yang telah keluar dari laboratorium dan dinyatakan negatif COVID-19.

"Saya pergi sendirian ke RSUD M Yunus untuk menjalani isolasi. Alhamdulillah, istri, anak, dan pembantu yang ada di rumah hasil swab-nya negatif," ujar Sudarno.

Masa isolasi di RS tidak menghambat pekerjaannya sebagai Kabid Humas Polda Bengkulu. Dia tetap memantau anggota Bidang Humas Polda Bengkulu, membalas sejumlah pertanyaan dari jurnalis, serta berolahraga dan berjemur.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2