Anies Wanti-wanti Warga DKI soal Potensi Ulangi Proses Tangani Corona dari Awal

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 16:04 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Anies Baswedan (Foto: dok. Facebook Anies Baswedan)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mewanti-wanti warganya di masa menentukan perpanjangan PSBB untuk mencegah penyebaran virus Corona. Anies berbicara tentang potensi DKI Jakarta mengulang proses dari awal.

Anies awalnya berbicara tentang potensi penularan virus Corona di Jakarta, yang angkanya sudah di bawah 1. Anies ingin ini terus berlangsung hingga 4 Juni mendatang.

"Bila di hari-hari ini penularan di Jakarta menurun, angka kasus baru menurun, kemudian yang biasa digunakan ahli yang disebut reproduction number angkanya sekarang di Jakarta sekitar 1, bisa turun di bawah 1, maka mulai sesudah tanggal 4 kita bisa melakukan transisi menuju normal baru," kata Anies dalam siaran BNPB, Senin (25/5/2020).

Anies berbicara kemungkinan reproduction number meningkat. Anies menyebut warga harus disiplin jika tak ingin mengulang proses dari awal.

"Tetapi, bila hari hari ke depan angkanya meningkat karena kita mulai bebas, mulai bepergian, tidak disiplin menggunakan masker, tidak disiplin mencuci tangan, ada potensi kita harus memperpanjang, seakan mengulang proses yang kita kerjakan kemarin," kata Anies.

"Ini, yang sudah kita kerjakan di Jakarta," pungkasnya.

(gbr/fjp)