Masuk Era Normal baru, Begini Cara agar Berhenti Menyentuh Wajah

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Senin, 25 Mei 2020 14:20 WIB
Woman taking care of her skin
Ilustrasi menyentuh wajah (Foto: dok. Thinkstock)
Jakarta -

Akibat dampak Corona, dunia kini perlahan mulai memasuki era normal baru. Tidak menyentuh wajah merupakan bagian dari kebiasaan pada era normal baru ini. Lalu bagaimana cara agar bisa berhenti menyentuh wajah?

Sebagaimana diketahui, era normal baru adalah kondisi normal yang tak pernah sama lagi seperti kondisi sebelumnya. Normal baru ini terbentuk karena setiap orang kini harus berusaha mencegah penularan virus Corona (COVID-19).

Salah satu cara mencegah penularan virus ialah dengan tidak menyentuh wilayah wajah. Wajah bisa menjadi pintu masuk bagi penularan virus Corona. Namun kebiasaan menyentuh wajah bagi sebagian orang memang sukar dihindari.

Seperti dilansir dari BBC, Rabu (18/5/2020), manusia adalah satu spesies yang sering menyentuh wajah secara teratur, dan kita sering melakukannya tanpa menyadarinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa kita cenderung menyentuh dagu kita dan area di sekitar mulut, hidung, dan mata.

Satu studi observasi pada 2015 menganalisis perilaku mahasiswa kedokteran di Australia. Mary-Louse McLaws, seorang ahli pengendalian infeksi di Universitas North South Wales, Sydney, dan rekan-rekannya menemukan bahwa para siswa menyentuh wajah mereka rata-rata 23 kali dalam satu jam. Padahal mahasiswa kedokteran harus lebih sadar akan risiko kebiasaan daripada yang lain.

Tetapi mengapa kita begitu sering menyentuh wajah kita, dan bagaimana kita bisa menghilangkannya?

Ini Aturan New Normal bagi Karyawan:

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2