Ricuh di Masjid Buol Sulteng Usai Salat Id, 16 Warga Diamankan Polisi

Mohammad Qadri - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 23:27 WIB
Viral video warga Buol ngamuk dilarang salat Id berjamaah
Foto: tangkapan layar
Buol -

Sebanyak 16 orang warga di Kecamatan Gadung, Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah (Sulteng), diamankan pihak kepolisian di Polres Buol. Mereka diduga melakukan kekerasan terhadap perangkat dan aparat desa.

Diketahui bahwa korban Kades Lripobogu Hamzah Husein (42) mengalami luka lebam pada bagian kiri kanan tulang rusuk, sementara seorang hansip bernama Nawir (40), mengalami luka di bagian telinga sebelah kiri.

"Sampai malam ini, kami masih melakukan pemeriksaan di Polres Buol. Ada 16 orang diamankan tadi pagi, yang diduga terlibat dalam pengeroyokan aparat Desa Lripobogu." kata Kapolres Buol, AKBP Wawan Sunarwirawan kepada detikcom saat dihubungi, Minggu (24/5/2020).

Menurut Wawan, dari kericuhan tersebut terdapat sejumlah korban, yakni kades, hansip, dan warga yang ikut dalam rombongan menegur jemaah yang melaksanakan salat Id di masjid.

"Ada 4 korban dalam insiden tersebut, yaitu Kades Lripobogu, satu petugas hansip, dan dua orang warga lainnya yang ikut bersama Tim Gugus COVID-19 dan aparat kepolisian saat menegur jemaah usai salat Id," tuturnya.

Dari 16 warga yang diperiksa oleh aparat kepolisian terkait kasus tersebut, ada beberapa yang sudah mengarah ke tersangka, dengan peran provokator serta pemukulan.

"Pemeriksaan sementara berlanjut, nanti akan disampaikan ketika sudah ada yang ditetapkan sebagai tersangka," ungkap Wawan.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2