Dampak Corona, TPU Jeruk Purut Sepi Peziarah di Hari Pertama Lebaran

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 16:41 WIB
Ziarah makam di TPU Jeruk Purut
Foto: Rahel/detikcom

Atin juga mengatakan TPU Jeruk Purut telah memiliki tim pengamanan dalam (pamdal) guna mengawasi warga yang berkerumun saat berziarah. Para peziarah yang berkerumun, kata Atin, akan ditegur secara lisan dan diarahkan agar menjaga jarak.

"Ada pamdal kita. Kita kan punya pamdal. Kita ada pamdal. Mereka tuh siap keliling. Misalnya ada yang berkerumun di daerah sana, itu ditegur untuk jaga jarak. Diarahkan, nanti biar jangan terlalu berkerumun," tutur Atin.

Atin mengatakan di TPU Jeruk Purut belum ada jenazah yang dimakamkan akibat COVID-19. Menurutnya, jenazah COVID-19 telah disediakan tempat di TPU Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur.

"Sejauh ini belum ada. Karena ini kan sudah ada tempat tersendiri untuk pemakaman (jenazah COVID-19) di Pondok Ranggon dan di Tegal Alur. Ya insyaallah ya mudah-mudahan nggak ada ya. Sampai saat ini nggak ada. Aman-aman," tutur Atin.

Pantauan detikcom di TPU Jeruk Purut, Jalan Madrasah, Jakarta Selatan, sejak pukul 10.10 hingga 14.30 WIB, hanya terdapat beberapa warga yang berziarah ke TPU Jeruk Purut. Jumlah peziarah cenderung tidak banyak.

Sesekali, peziarah datang berziarah untuk melantunkan doa kemudian meninggalkan lokasi. Selain warga yang melakukan ziarah, terdapat sedikit pedagang bunga dan penjaga makam di lokasi.

Halaman

(aud/aud)