Dampak Corona, TPU Jeruk Purut Sepi Peziarah di Hari Pertama Lebaran

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 16:41 WIB
Ziarah makam di TPU Jeruk Purut
Foto: Rahel/detikcom
Jakarta -

TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan (Jaksel), sepi peziarah di hari pertama Idul Fitri akibat pandemi Corona (COVID-19). Salah seorang penggali kubur dari Suku Dinas Kehutanan dan Pemakaman Jaksel, Atin Supriatin (52), mengatakan jumlah peziarah tahun ini jauh merosot dibanding tahun sebelumnya.

"Wah jauh banget. Itu 80 persen deh menurunnya, 80 persen. Untuk Idul Fitri tahun ini memang sepi," kata Atin di TPU Jeruk Purut, Jalan Madrasah, Jaksel, Minggu (24/5/2020).

Lebih lanjut, Atin mengatakan penurunan jumlah peziarah terlihat sejak awal bulan puasa. Karena jumlah peziarah yang menurun, Atin mengungkapkan akhirnya jumlah pedagang bunga juga berkurang.

"Nah itu puasa sepi juga. Dari nggak puasa sebelum puasa sampai Idul Fitri itu sudah sepi. Ini penurunnya udah 80 persen. Biasanya ini juga biasa jualan kembang di atas. Sekarang kan nggak ada. Nggak ada yang dagang," sambung Atin.

Selain itu, Atin mengatakan pengelola TPU telah memberikan imbauan kepada peziarah agar menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19. Mulai dari imbauan menjaga jarak, mencuci tangan, hingga memakai masker.

"Pertama, memang diterapkan satu, jaga jarak. Kedua, cuci tangan. Kita siap di sini untuk nerapin itu (protokol)-nya. Itu kita udah juga. Sebelum nanti ada teguran dari dinas atau apa gitu, TPU Jeruk Purut itu memang sudah siapin (imbauan protokol kesehatan)," ucap Atin.

Selanjutnya
Halaman
1 2