Idul Fitri di Masa Pandemi Corona, Prabowo: Tetap di Rumah Walau Tak Mudah

Herianto Batubara - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 12:10 WIB
Prabowo Subianto (Andhika-detikcom)
Prabowo Subianto (Andhika/detikcom)
Jakarta -

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengucapkan selamat Idul Fitri 1441 H kepada masyarakat Indonesia. Dia meminta momen Idul Fitri tahun ini dirayakan di rumah terkait adanya pandemi Corona (COVID-19).

Prabowo mengatakan suasana Lebaran tahun ini memang berbeda dari sebelumnya. Pandemi Corona yang dihadapi Indonesia dan berbagai negara lainnya di dunia membuat Lebaran tidak bisa dilakukan seperti sebelumnya.

"Mungkin tak ada acara ziarah-ziarah, ke tetangga maupun sowan ke para sesepuh dan keluarga yang lain, karena masing-masing dari kita harus saling menjaga jarak. Tapi saya berharap, kita tetap menyambut datangnya hari kemenangan ini dengan penuh sukacita. Kita merayakan datangnya hari suci ini dengan penuh rasa khidmat," tulis Prabowo di akun Facebook-nya seperti dilihat detikcom, Minggu (24/5/2020).

Prabowo mengatakan dirinya dalam momen Idul Fitri tahun ini juga ingin berbagi sukacita. Dia memberi hormat kepada semua yang berjuang di garda terdepan dalam penanganan COVID-19.

"Teruslah bersemangat, kami semua selalu mendoakan dan mendukung kalian. Semoga Allah SWT meridhoi perjuangan kalian," ucapnya.

Selain itu, Prabowo berterima kasih kepada masyarakat yang tetap mematuhi anjuran pemerintah terkait pandemi COVID-19.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada saudara-saudara sekalian yang tetap bertahan di dalam rumah, mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar dan tetap di rumah. Walaupun saya tahu, itu juga tidak mudah," kata Prabowo.

Ditambahkan Prabowo, puasa ibarat kawah candradimuka. Dia berharap, setelah masa 'penggemblengan' selama sebulan penuh, akan terbentuk pribadi-pribadi tangguh yang berhati bersih, yang mampu memberi sumbangsih nyata bagi bangsa. Karena itu, dia berharap Idul Fitri ini tetap disambut kemenangan dengan semangat yang lebih besar karena tantangan ke depan juga akan semakin besar.

"Masih ada hal-hal mendesak yang harus kita hadapi, termasuk COVID-19 ini," katanya.

"Selamat merayakan hari raya Idul Fitri bagi sahabat yang merayakan. Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf dan salah. Semoga kita tetap bisa menangkap makna Idul Fitri ini meski di tengah pandemi dan kembali menjadi menjadi pribadi yang suci, sesuci seperti saat kita dilahirkan. Amin," sambungnya.

Simak video Perayaan Idul Fitri Umat Muslim Dunia saat Pandemi Corona:

(hri/elz)