Lebaran di Tengah Corona, TPU di Bintara Bekasi Masih Ramai Peziarah

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 12:06 WIB
Lebaran Saat Corona, Peziarah Masih Ramai Kunjungi TPU di Bintara Bekasi (Foto: Yogi Ernes/detikcom)
Lebaran Saat Corona, Peziarah Masih Ramai Kunjungi TPU di Bintara Bekasi (Yogi Ernes/detikcom)
Bekasi -

Sejumlah warga tetap melakukan tradisi ziarah kubur saat Lebaran di tengah pandemi virus Corona. Warga tampak masih berbondong-bondong mengunjungi tempat pemakaman umum untuk mendoakan anggota keluarga yang telah meninggal.

Pantauan detikcom, di TPU Pengasinan, Bekasi Barat, Bekasi, pada pukul 10.30 WIB, Minggu (24/5/2020), warga masih ramai melakukan ziarah di tempat tersebut. Area parkir tampak ramai dipenuhi kendaraan mobil dan motor.

Satu toko penjual bunga juga tersedia persis di depan pintu masuk TPU Penjaringan. Warga terlihat bergantian membeli bunga untuk ziarah di toko tersebut.

Di area pemakaman, tampak warga mengunjungi makam anggota keluarganya. Setidaknya ada 5 orang di tiap makam yang dikunjungi. Mereka tampak mengenakan masker sesuai protokol kesehatan.

Salah satu pengurus TPU Pengasinan, Suhada, menyebut, meski di tengah pandemi virus Corona, jumlah warga yang berziarah hari ini tidak berbeda jauh dengan Lebaran tahun lalu. Dia mengatakan, pagi tadi usai salat Id, banyak warga yang berziarah ke TPU.

"Nggak ada bedanya ya. Kan ini katanya lagi lockdown ya, tapi ini juga hitungannya rame hampir kayak tahun lalu dah," ujar Suhada.

"Pokoknya tadi jam 8 jam 9 habis sembahyang Id banyak yang datang di mari," sambungnya.

(mae/mae)