Gotong Royong Tinggi Jadi Hikmah Pandemi Bagi Warga Bintara Jaya Bekasi

Yogi Ernes - detikNews
Minggu, 24 Mei 2020 09:57 WIB
Warga Bintara Jaya rayakan Idul Fitri di tengah Pandemi Corona
Foto: Warga Bintara Jaya rayakan Idul Fitri di tengah Pandemi Corona. (Yogi Ernes/detikcom).
Jakarta -

Pandemi virus Corona yang telah berlangsung lebih dari dua bulan membuat banyak orang terdampak secara ekonomi. Namun, bagi warga Kelurahan Bintara Jaya, Bekasi Barat, pandemi virus Corona justru membuat semangat gotong royong antar warga makin kuat.

Hal itu diungkapkan oleh Abidin (42), warga RT 08/10 Kelurahan Bintara Jaya. Ditemui usai melaksanakan salat Id, Abidin yang sehari-hari bekerja sebagai buruh bangunan mengaku pemasukannya berkurang akibat adanya COVID-19.

"Saya sehari-hari di bidang bangunan. Kadang ikut temen kalau ada borongan buat apa, bangun ini gitu. Sejak ada COVID kan sudah susah. Kita punya aktivitas, punya penghasilan harian ini tidak bisa karena ada bencana COVID sendiri," ujar Abidin di Masjid Al Hidayah, Bintara Jaya, Bekasi Barat, Minggu (24/5/2020).

Abidin yang mengaku sebelum ada virus Corona dirinya bisa mengerjakan beberapa proyek pekerjaan dalam sebulan, kini dia mengatakan hanya bisa bekerja di satu proyek bangunan dalam sebulan terakhir.

Bersama istrinya, ayah dua anak ini menyebut harus putar otak untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Harus puter terus ini (otak) gimana bisa terpenuhi kan. Anak masih sekolah kan walau cuman di rumah aja tapi tetep dipikirin," ungkapnya.

Warga Bintara Jaya rayakan Idul Fitri di tengah Pandemi CoronaWarga Bintara Jaya rayakan Idul Fitri di tengah Pandemi Corona. (Yogi Ernes/detikcom).

Namun, Abidin bersyukur karena menurutnya, warga di sekitarnya menjadi lebih aktif bergotong-royong membantu warga lainnya yang terdampak virus Corona. Dia menganggap pandemi virus Corona membuat semangat saling membantu antarwarga di wilayah tempat tinggalnya makin tinggi.

"Alhamdulillah, meski ada COVID gini tapi gotong royong masih ada. Jadi terasa gitu. Alhamdulillah di sini kan emang nggak ada kasus (warga positif Corona) ya. Jadi, warga tolong menolongnya gini. kalau ada yang kelihatan lagi susah, dibantu. Kita kasih apa, kasih ini macam bantuan buat sehari-hari lah. Jadi makin saling bantu istilahnya, Alhamdulillah," tutur Abidin.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2